Satgas Yonmek 741/GN Gagalkan Penyelundupan BBM ke Timor Leste

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Personel Pos Motamasin Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Barat, Yonif Mekanis 741/Garuda Nusantara berhasil menggagalkan upaya penyelundupan Bahan Bakar Minyak (BBM) ke wilayah Distric Suai, Negara Timor Leste.

Dansatgas Yonmek 741/GN, Mayor Inf Hendra Saputra dalam keterangan pers yang diterima media, Minggu malam (3/3/2019) menjelaskan, jenis BBM yang diamankan berupa 29 jerigen BBM jenis Solar sejumlah 110 Liter (22 jerigen), Bensin 20 Liter (4 jerigen) dan Minyak Tanah 15 Liter (3 jerigen) yang diduga akan diselundupkan ke Timor Leste.

Menurut dia, sejumlah BBM itu diamankan Anggota Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Mekanis 741/GN Sektor Barat Pos Motamasin antara lain, Serda Hebron Yoga Fanggestu, Pratu Bani, Prada Wingki Pratama Yudha, Prada Aris Mustofa, Prada Hendrik Desmayana, Prada M.Surfi Huri, Prada Prasettyo Widodo dan Prada Heru Juniarto.

Jelas Hendra, BBM illegal berhasil diamankan saat Anggota Pos Motamasin melaksanakan pengendapan yang dipimpin oleh Serda Hebron Yoga Fanggestu melaksanakan pengendapan disekitar areal sektor kiri wilayah Pos Motamasin Desa Alas Selatan Kecamatan Kobalima Timur Kabupatan Malaka Provinsi NTT dengan arah rute sektor kiri tujuan area BSP 045/2007 dan PBN C 01 109 RI 2013.

Lanjut Hendra, pengendapan dilakukan dan telah tiba di PBN C 01 110 RI 2013 dan kemudian melaksanakan istirahat. Beberapa saat setelah berangkat kembali, tiba-tiba patroli terhenti karena dari Prada M. Surfi Huri melihat dan menemukan sebuah timbunan batang-batang kayu serta ditutupi dahan-dahan pohon yang mencurigakan.

Setelah itu Serda Hebron Yoga Fanghestu memerintahkan Pratu Bani Battiar dan Prada M. Surfi Huri untuk melakukan pengecekan. Setelah dilaksanakan pengecekan, ditemukan 29 jerigen berukuran 5 liter yang disusun rapi dan disembunyikan dibawah pepohonan jati berisi BBM jenis bensin, solar dan minyak tanah dengan Co. 2822-5560.

Serda Hebron Yoga Fanghestu memerintahkan kepada seluruh personel untuk melaksanakan pengecekan di sekitaran tempat diketemukannya penimbunan BBM. Setelah tidak diketemukan kembali pemilik atau barang yang lain, Serda Hebron Yoga Fanghestu melaporkan penemuan penimbunan BBM jenis bensin, solar dan Minyak Tanah Berupa 29 jerigen berukuran 5 liter sejumlah 145 Liter yang diduga akan diselundupkan ke RDTL kepada Kapten Inf Sulaiman Siregar Jabatan Dankipur III dan dilanjutkan kembali ke Pos Motamasin Kipur – III.

“Kemudian Kapten Inf Sulaiman Siregar melaporkan perihal tentang penemuan penimbunan BBM jenis bensin, solar dan minyak tanah berupa 29 jerigen berukuran 5 liter sejumlah 145 Liter kepada Dansatgas. Barang buktinya sudah diserahkan dan diamankan ke Mako Satgas. Saya selalu ingatkan dan perintah kepada seluruh satuan bawah agar lebih intens melaksanakan kegiatan patroli di wilayah/sektor tanggung jawab,” pungkas Hendra.