Sungai Baukama Meluap Rendam Rumah dan Sawah Warga di Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Curah hujan deras yang turun tak henti sehari mengakibatkan sungai Baukama di Desa Bauho, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste meluap, Selasa sore (29/1/2019).

Luapan air sungai terbesar di Belu itu membanjiri ruas jalan Atambua-Lamaknen (Belu Utara). Banjir juga merendam lahan persawahan bahkan pemukiman warga Desa setempat di wilayah perbatasan Belu itu.

Kepala Desa Bauho, Edmundus Manek kepada NTTOnline membenarkan, kejadian meluapnya sungai Baukama terjadi sore hari sekitar pukul 16.00 Wita. Akibat luapan itu air membanjiri jalan raya hingga sawah dan rumah warga.

“Ada beberapa rumah milik warga dan dua ekor sapi mati juga lahan sawah milik warga siap tanam seluas 40 hektare terendam banjir,” kata dia via whatsapp.

Menurut dia, luapan air sungai yang membanjiri ruas jalan utama menimbulkan kemacetan akibatnya akses transportasi jalur penghubung Ibu Kota Belu ke empat Kecamatan di garis perbatasan Negara lumpuh total. Kondisi itu membuat kendaraan warga yang akan melintas terpaksa parkir.

“Setiap musim penghujan sungai Baukama selalu meluap. Selain meluap karena ditikungan sungai tidak ada penahan, juga akibat banjir kiriman dari sungai di wilayah Fatumea dan Fulan Fehan,” jelas Kades Edmundus.

Lanjut dia, selain warga yang turut membantu korban lain, terlibat pula personel Yonif Raider Khusus 744/SYB yang turun ke lokasi membantu warga serta kelancaran transportasi jalan raya. Banjir juga merusak akses jalan (aspal) dan saluran got.

Informasi yang dihimpun, sekitar 22 personel Yonif Raider Khusus 744/SYB dibawah pimpinan Letda Riki langsung bergegas ke lokasi bencana setelah mendapat laporan dari warga terjadi luapan sungai Baukama yang merendam rumah serta lahan warga.

Hingga berita ini diturunkan, belum diketahui berapa kerugian yang dialami warga akibat puluhan lahan sawah yang siap tanam gagal terendam banjir dan lumpur. Selain itu rumah yang terendam banjir dan perabot atau perlengkapan yang terbawa arus banjir.