Kasat Narkoba Polres Belu Pimpin Operasi Pekat

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resor (Polres) Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste melakukan operasi penyakit masyarakat (pekat), Rabu malam (12/12/2018).

Adapun pelaksanaan kegiatan operasi pekat dalam rangka cipta kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) menyambut hari Raya Natal 25 Desember mendatang.

Kegiatan operasi pekat dipimpin langsung oleh Kasat Narkoba Polres Belu, Iptu Ivans Drajat, KBO Narkoba Aiptu Doris Taek bersama Anggota Unit Narkoba diback up Kasat Sabhara Iptu I Ketut Setiasa bersama Anggota.

Pantauan media, pukul 22.00 Wita gabungan Anggota Polres Belu dari Unit Reskrim, Intelkam, Provost dan Dalmas bergerak dari Mako Polres menggunakan mobil Dalmas dan mobil Kasat Narkoba.

Patroli dimulai dengan menyusuri pertokoan pasar lama menuju kilo satu. Tepat di cabang Apodeti didapat sekelompok pemuda sedang duduk didepan toko sambil meneguk miras.

Kasat Sabhara memberikan arahan kepada para pemuda agar tidak melakukan tindakan kriminal. Diimbau agar selesai minum langsung kembali ke rumah masing-masing.

Setelah itu tim gabungan melanjutkan patroli melewati kilo dua, belok kanan menuju cabang serikat lurus ke toko kreatif belok kiri menuju Kantor Nakertrans Belu.

Tim melewati jalur Rumah Sakit Tentara dan setibanya di Gerbades tim masuk ke tempat biliar dan sekelompok pemuda menyampaikan hal serupa kepada para pemuda agar tidak membuat tindakan kriminalitas.

Tim melanjutkan patroli melewati jalur Kantor BKKN belok kanan cabang Sesekoe. Selanjutnya belok kanan menuju arah Tulamalae. Setibanya di cabang Toro didapati sekelompok muda-mudi sedang duduk di Pos Kamling.

Para pemuda dikumpulkan dan diberikan arahan oleh Kasat Sabhara agar tidak boleh terlalu larut duduk di cabang dan meminta agar tetap menjaga suasana jelang natal dan menghindari minuman keras.

Selanjutnya tim menyusuri jalur Tulamalae belok kiri lampu merah Sentral menuju jalur Tenu Bot. Tepat di cabang Temu bawah tim belok kanan melewati jalur Tenu Kiik lurus Kodim Belu dan kembali ke Mapolres Belu sekitar pukul 23.00 Wita.

Terpisah Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing yang dikonfirmasi media menuturkan, kegiatan patroli dilaksanakan dalam rangka menciptakan kamtibmas yang kondusif. Selain itu antisipasi curas, curat dan curanmor.

“Serta operasi pekat dalam rangka cipta kondisi hari raya Natal dan menjelang Pileg serta Pilpres,” ujar Tobing.

Sementara itu Kasat Narkoba Iptu Ivans Drajat usai patroli mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan malam ini operasi pekat penindakan kriminalitas serta jelang Natal dan Pemilu.

“Tadi kita temukan sekelompok pemuda yang masih duduk di pinggir jalan. Kita berikan arahan agar tidak boleh miras, tidak boleh buat keributan. Kita himbau kepada mereka agar tetap menjaga kondisi kamtibmas sehingga tetap kondusif,” ujar Ivans.