Pembangunan Terminal Tipe A Bimoku Resmi Diluncurkan

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Pembangunan Terminal Tipe A bertaraf internasional di Bimoku, Kelurahan Lasiana, Kota Kupang resmi diluncurkan oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Direktorat jenderal Perhubungan Darat Balai pengelola Transportasi Darat wilayah XIII Provinsi, Selasa (6/11/2018).

Acara peluncuran sekaligus peletakan batu pertama pembangunan terminal tipe A, dihadiri oleh Ketua Komisi V DPR RI, Farry Francis, Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Mulyana, Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat wilayah XIII Provinsi NTT, Syaiful, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, Ketua DPRD Kota Kupang, Yeskiel Loudoe, Ketua Komisi III DPRD Kota Kupang, Merry Salouw dan seluruh pimpinan OPD Lingkup pemerintah Kota Kupang.

Alokasi anggaran pembangunan terminal tipe A sampai operasional dan anggaran perencanaan, sebesar Rp 20,6 miliar yang bersumber dari APBN Kementerian Perhubungan.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Cucu Mulyana mengatakan, semua program ini didukung oleh Komisi V DPR RI, terkait pembangunan sarana prasarana jalan, angkutan jalan, dan lainnya. ATCS dan terminal tipe A ini merupakan suatu kegiatan strategis dari Direktorat jendral perhubungan Darat, karena dengan dibangunnya terminal tipe A ini, maka seluruh bus antar kota, antar provinsi harus keluar masuk dan antar jemput di terminal ini. Semua bus ini harus dilakuan pemeriksaan sehingga lalu-lintasnya bisa berjalan baik.

“Dengan adanya terminal ini juga dapat meningkatkan keselamatan lalu-lintas, dan membuat kenyamanan para penumpang juga terjaga. Launching ATCS Ini merupakan pertama di Kota Kupang, karena itu, ini merupakan sebuah proses dan model untuk modernisasi angkutan jalan,” katanya.

Menurutnya, dengan adanya ATCS ini melalui control, bisa mengawasi bagaimana situasi arus lalu-lintas yang dipantau. Di Kota Kupang, dalam tahun 2018 ini, akan nada 7 simpang yang dipasang ATCS, dan dua akan dipasang di tahun 2019 mendatang.

“Kamijuga meminta bantuan dan dukungan semua pihak, pemerintah daerah Kota Kupang, pemerintah pusat dan seluruh masyarakat Kota Kupang yang memiliki Terminal Tipe A dan ATCS ini. Kepada pengelola ATCS, agar menjaga dan memelihara ATCS ini, karena merupakan asset yang harus dijaga agar tetap berfungsi dengan baik,” pungkasnya.

Sementara, Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore, mengatakan, pembangunan terminal tipe A merupakan kegiatan yang dinanti-nanti. Begitu banyak kendala yang dihadapi, tetapi semuanya bisa diselesiakan dengan baik sampai bisa digelar acara gounbreaking terminal tipe A ini.

“Kesempatan pemerintah pusat memberikan anggaran kepada pemerintah Kota Kupang, dengan mendapat pembangunan terminal tipe A ini, merupakan sebuah kesempatan yang harus dimanfaatkan secara baik. Maka kami terus berupaya untuk menyelesaikan berbagai persoalan lahan, dan akhirnya selesai sampai hari ini bisa digelar acara peletakan batu pertama ini,” ujar Wali Kota.

Anggaran sebesar Rp 20.6 Miliar, kata Jefri, sangat besar untuk Kota Kupang, pembangunan tiga tahanpan ini diharapkan dapat selesai tepat waktu dan bisa bermanfaat bagi masyarakat. “Ada begitu banyak perhatian pemerintah pusat kepada Kota Kupang, yaitu drainase, pembangunan jembatan kali nyonya dan terminal ini. Semua ini sangat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat Kota Kupang khususnya,” terangnya.

“Diharapkan agar pembangunan ini terus berjalan lancar, dan tidak ada persoalan di kemudian hari, semuanya harus berjalan baik sesuai dengan perencanaan dan tujuan pembangunan terminal ini. Terminal ini akan menjadi terminal terbaik di Kota Kupang,” ungkapnya.

Jefri mengaku, pembangunan terminal tipe A akan menjadi suatu landasan bagi pemerintah kota untuk menata beberapa terminal di Kota Kupang, misalnya terminal Oebobo yang harus ditata dan diatur agar lebih tertib dan terarah.