SMAK Frateran Maumere Juara Lomba Gebyar SMA/SMK Se-NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – SMAK Frateran Maumere, Kabupaten Sikka berhasil meraih dua piala dalam lomba gebyar SMA/SMK swasta se- NTT yang diselenggarakan Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) NTT di Kupang, 22- 23 Oktober 2018.

Kegiatan yang diikuti 30 SMA/SMK se- NTT, peserta dari SMAK Frateran Maumere tampil sebagai juara satu lomba pidato Bahasa Indonesia atas nama Patrisia D.P. Gama dan juara tiga lomba cerdas cermat Bahasa Inggris.

Ketua Umum BMPS NTT, Winston Neil Rondo kepada wartawan di Kupang, Rabu (24/10) mengatakan, walaupun tidak ada sekolah yang meraih juara umum, tapi dari hasil yang ada, SMAK Frateran Maumere dikategorikan unggul karena berhasil meraih dua juara dalam lomba pidato dan cerdas cermat.

“Para juara berhak mendapat piala, piagam dan uang pembinaan sebagai motivasi bagi sekolah dan peserta,” kata Winston.

Winston yang juga anggota DPRD NTT dari Fraksi Partai Demokrat ini menyebutkan, para peserta dan sekolah yang meraih juara pada lomba pidato Bahasa Indonesia dan lomba cerdas cermas Bahasa Inggris. Untuk lomba pidato Bahasa Indonesia, para pemenangnya yakni, Patrisia D.P. Gama (jaura satu) dari SMAK Frateran Maumere. Alexandro Ragat (juara dua) dari SMA Seminari St. Rafael Kupang. Erlopino Edon (juara tiga) dari SMA Kristen Citra Bangsa. Mujireo Berireo (juara empat) dari SMA Giovani Kupang.

Sementara itu, untuk cerdas cermat Bahasa Inggris, para pemenangnya sebagai berikut SMA NCIPS Kupang (juara satu). SMAK Giovani Kupang (juara dua). SMAK Frateran Maumere (juara tiga), dan SMK Prima Higienis Kupang (juara empat).

Pada kesempatan itu Winston mengakui sangat senang karena dua kegiatan utama gebyar SMA/ SMK dalam rangka menyongsong HUT Sumpah Pemuda yakni lomba pidato Bahasa Indonesia dan cerdas cermat Bahasa Inggris sukses dilaksanakan. Pelaksanaan lomba pun sangat kompetitif, terutama lomba cerdas cermat Bahasa Inggris. Karena naskah yang disiapkan tim dari Universitas Widya Mandira (Unwira) Kupang, dapat dijawab peserta lomba.

“Hasil yang dicapai berbanding lurus dengan kemampuan akademik para peserta yang notabene berasal dari sekolah- sekolah swasta unggulan,” ujar Winston.

Kepada semua sekolah dan para peserta yang telah terlibat dalam kegiatan gebyar SMA/SMK, Winston mengucapkan selamat dan proficiat atas partisipasi yang telah ditunjukkan. Kegiatan gebyar ini akan dijadikan sebagai agenda rutin untuk mempromosikan potensi para peserta didik dan SMA/ SMK swasta di setiap daerah. Walau merupakan kegiatan perdana, tapi hasilnya sungguh menggembirakan. Ternyata SMA/SMK swasta juga sangat bermutu dan hebat, bila dibandingkan dengan sekolah negeri.

“Kita minta para peserta didik dan penyelenggara pendidikan swasta untuk jangan ragu mempromosikan keunggulan masing- masing sekolah dan para orangtua diminta tidak ragu menyekolahkan anak- anaknya di SMA/SMK swasta,” tandas Winston.