Dua Jabatan Pimpinan OPD Kosong, Lay Sebut Dana Fit and Proper Test Belum Ada

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dua jabatan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yakni Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) dan Kadis Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Kabupaten Belu masih lowong.

Hingga saat ini dua Jabatan Pimpinan OPD di wilayah Timor Barat perbatasan Indonesia dan Timor Leste belum terisi.

Bupati Belu, Willybrodus Lay yang dikonfirmasi NTTOnlinenow.com, Jumat (24/8/2018) terkait hal itu menuturkan, dua jabatan eselon dua itu masih lowong karena harus dilakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test).

“Saat ini, fit and proper test belum dilakukan karena butuh anggaran dan belum ada anggarannya,” ujar dia.

Dituturkan, untuk fit and proper test Pemerintah akan mendatangkan tim dari luar daerah guna melakukan fit and proper test terhadap para pejabat eselon tiga yang dipromosikan untuk mendapat jabatan eselon dua.

Meski dua OPD masih dijabat PLT dan belum terisi Pimpinan Defenitif dia mengakui, hingga kini kinerja dua Dinas PU dan Distan Belu cukup baik.

“Kegiatan Dinas berjalan normal, lancar dan ada kemajuan sampai hari ini. Contohnya, soal air bersih Dinas PUPR cukup bekerja baik, sehingga masyarakat mulai merasakan ketersediaan air bersih,” sebut dia.

Ketika ditanyai soal ada pembiaran pada dua Dinas itu, Lay membantah jika dua jabatan penting itu belum diisi karena belum lakukan fit and proper test.

“Pemerintah tetap berpegang pada regulasi untuk melakukan mutasi atau promosi jabatan termasuk pengisian dua jabatan pimpinan dua OPD itu,” ujar dia.

Lanjut Lay, untuk pelaksanaan fit and proper test akan dipersiapkan tahun depan dan Pemerintah akan mengganggarkannya. Sebab beberapa pejabat eselon dua juga sudah memasuki masa pensiun.