Bacaleg Tiga Kabupaten Jalani Tes Kesehatan di RS Atambua

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Bakal Calon Legislatif dari tiga Kabupaten, Malaka, Timor Tengah Utara dan Alor menjalani tes kesehatan rohani di Rumah Sakit Umum Daerah, Mgr Gabriel Manek Atambua, SVD, Rabu (25/7/2018).

Sesuai pantauan NTTOnlinenow.com pukul 10.30 Wita ratusan caleg dari tiga Kabupaten di perbatasan Indonesia dan Timor Leste menjalani tes kesehatan di lantai III rumah sakit Atambua yang terbagi dalam empat kelas.

Tes kesehatan rohani yang dijalani yakni, para caleg mengisi lembaran soal tes kesehatan oleh Dokter Dikson spesialis jiwa dari Kupang.

Direktur RSUD Mgr.Gabriel Manek, drg. Ansila Eka Muti kepada media disela-sela tes menuturkan, kurang lebih sekitar 600 caleg dari tiga Kabupaten yang menjalani tes kesehatan rohani.

“Yang lakukan tes caleg dari Kabupaten Alor sebagian, Malaka sebagian dan TTU seluruhnya. Jadi kurang lebih ada sekitar 600 caleg yang tes rohani hari ini,” ujar dia.

Jelas Ansila, caleg dari Kabupaten Flores Timur dan Belu tidak melakukan tes kesehatan. Khusus KPUD Belu sesuai surat edaran KPU RI, KPU Belu tidak lakukan tes, karena caleg Belu sudah melampirkan berkas ketetangan kesehatan saat melampirkan berkas.

“Tesnya mengisi 556 soal dalam lembaran yang dibagikan Dokter. Untuk tes jasmani sudah kita lakukan,” ujar dia.

Bersamaan, pihak KPU melalui salah satu Komisioner menuturkan, untuk Caleg Belu batal lakukan tes kesehatan berdasarkan surat edaran KPU RI nomor 742.

“Sesuai edaran KPU, sepanjang caleg yang sudah keluarkan surat keterangan kesehatan dari rumah sakit dinyatakan memenuhi syarat,” sebut Komisioner KPU Belu.

Untuk diketahui, tes kesehatan bagi para Bacaleg dilaksanakan selama dua hari terhitung hari ini sampai dengan hari Kamis 26 Juli besok di RSUD Mgr Gabriel Manek, Svd Atambua.