Logistik Pilgub Di KPU Belu Siap Didistribusi

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Seluruh logistik Pemilihan Gubernur (Pilgub) NTT 2018 sudah masuk ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Sesuai informasi yang berhasil dihimpun mendia, terkait logistik pihak KPU juga telah melakukan penyortiran surat suara Pilgub NTT memasuki hari kelima pada hari Minggu tanggal 17 Juni kemarin yang bertempat di Kantor KPU.

Penyortiran surat suara dipimpin langsung oleh Ketua KPU A. Marthin Baralay yang juga diawasi langsung oleh Panwaslu Kabupaten Belu. Sebanyak 10 box yang tersisa dari 64 box surat suara yang disortir.

Adapun hasil penyortiran itu, 18.331 lembar surat suara yang baik. Surat suara yang rusak akibat bercak tinta sebanyak 18 lembar.

Dengan demikian sebanyak 64 box surat suara yang telah disortir dengan rincian, surat suara yang baik sebanyak 125.955 lembar. Surat suara yang rusak akibat bercak tinta sebanyak 307 lembar.

Semantara surat suara yang di butuhkan pada Pilgub yakni, 126.364 yang terdiri dari jumlah pemilih tetap 123.115 ditambah 2,5 %, 3.249. Sehingga di Belu mengalami kekurangan surat suara sebanyak 409 lembar.

Kondisi tersebut oleh pihak KPU selaku penyelenggaran di daerah telah melaporkan ke KPU Prov NTT untuk dilengkapi.

Terpisah Ketua KPU Marthin Baralay menuturkan, logistik Pilgub NTT 2018 untuk daerah Belu sudah lengkap. Selanjutnya di hari Sabtu akan mulai di packing dan dimasukan ke dalam kotak.

“Sementara mulai dipacking dan masukan ke dalam kotak. Rencana tanggal 25 dan 26 mulai didistribusi ke setiap Kecamatan,” ujar Lay.