Pemkot Berencana Membangun Pasar Di Kelurahan Lasiana

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk menunjang pertumbuhan perekonomian masyarakat, Pemerintah Kota Kupang, berencana membangun satu pasar modern di kawasan terminal tipe A di Bimoku, Kelurahan Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima.

“Kami berencana membangun satu pasar moderen di Bimoku, setelah sebagian aset tanah milik pemerintah Kota Kupang diserahkan kepada Kementerian Perhubungan sebagai lokasi terminal angkutan umum tipe A di NTT,” kata Wakil Wali Kota Kupang, Herman Man.

Herman menjelaskan hal itu terkait kompensasi yang diperoleh pemerintah Kota Kupang, setelah menggalihan aset tanah seluas 3,2 hektar di Bimoku, Kecamatan Kelapa Lima kepada Kementerian Perhubungan untuk terminal angkutan umum tipe A.

Ia mengatakan, penyerahan aset tanah itu tidak diikuti dengan pemberian kompensasi dari pemerintah pusat.

Kendati demikian, kata Hermn, Kota Kupang akan mendapat keuntungan dari adanya sumber pertumbuhan ekonomi baru setelah terminal angkutan umum itu beroperasi.

“Kami tidak meminta kompensasi dari Kementerian Perhubungan. Pemerintah Kota Kupang akan mendapatkan keuntungan berupa adanya pertumbuhan ekonomi baru bagi masyarakat sehingga menjadi sumber pendapatan asli baru bagi daerah ini,” kata Herman.

Ia mengungkapkan, pemerintah Kota Kupang optimistis ekonomi masyarakat di Bimoku akan bergerak cepat setelah terminal tipe A itu beroperasi.

Pemerintah Kota Kupang masih memiliki tanah seluas 1,5 hektar du Bimoko untuk pembangunan pasar modern nantinya.

Ia mengatakan, aktivitas bongkar muat penumpang dari beberapa kabupaten di Pulau Timor semuanya akan dikonsentrasikan di Terminal Bimoku, sehingga transaksi ekonomi di kawasan itu menjadi ramai.

“Selain itu Terminal Tipe A juga akan menjadi pintu masuk angkutan umun dari luar daerah sehingga akan mengurangi kemacetan. Kami sangat menyambut baik pembangunan terminal ini,” pungkasnya.