Masa Tandingan Kades Maudemu Datangi DPRD Belu

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kurang lebih puluhan warga Maudemu masa tandingan Kepala Desa Maudemu, Kecamatan Lamaknen, Kitnardus Bau Kapa mendatangi gedung DPRD Belu, Senin (4/6/2018).

Sesuai informasi yang diperoleh, Komisi I DPRD Belu akan menggelar Rapat Dengar Pendapat(RDP) bersama Kades Maudemu Kidnardus Bau Kapa. Akan tetapi undangan tak dipenuhi, warga yang diduga masa tandingan yang datang.

Ketua Komisi I DPRD Belu, Marten Nai Buti usai menerima masa di ruang rapat Komisi I mengatakan, sesungguhnya RDP yang dilakukan tadi pagi adalah RDP di luar agenda karena tidak ada pemberitahuan.

Namun karena yang datang adalah rakyat maka sebagai wakil rakyat sebagai Dewan kami tetap mengakomodir dan melangsungkan pertemuan dengan warga.

“RDP hari ini tidak diagendakan karena kedatangan masyarakat tidak diinformasikan. Tapi ini adalah rumah rakyat jadi ada pengaduan, kita layani,” ujar dia.

Jelas Politisi Partai Gerinda itu bahwa masyarakat yang pagi tadi mendatangi DPRD Belu adalah kubunya Kepala Desa Maudemu. Maksud mereka untuk mempertanyakan kejelasan lantaran sudah beredar isu di desa Maudemu bahwa sudah ada Surat Keputusan(SK) pemberhentian Kepala Desa.

Lanjut Nai Buti, pihaknya sudah memberikan penjelasan kepada masyarakat bahwa DPR sebagai lembaga mitra sudah memberikan rekomendasi Kepada Bupati. Namun akui dia, hingga kini rekomendasi dari Komisi I DPR Belu belum dijawab oleh Pemda.

Pantauan media, warga masa tandingan dari Desa Maudemu itu meninggalkan gedung Dewan Belu sekitar pukul 14.00 wita usai bertemu Ketua Komisi I.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kades Maudemu Kitnardus Bau Kapa telah diadukan beberapa kali ke Kantor Dewan bahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste.

Kegiatan RDP bersama DPRD Belu guna mengklarifikasi masalah pengaduan warga Maudemu terhadap Kades soal rastra, pergantian aparat tidak sesuai prosedur dan masalah pengelolaan BUMDes.