Dinkes Kota Kupang Akan Gelar Imunisasi Masal MR Pada Bulan Agustus 2018

Bagikan Artikel ini
Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kesehatan Bekerja sama dengan Tim Penggerak PKK Kota Kupang, akan menggelar imunisasi masal Miseas Rubella (MR) atau Campak Rubela, untuk anak usia 9 bulan hingga 11 tahun. Sesuai Pusat Data Kesehatan, jumlah anak yang akan diimunisasi sebanyak 100.400 jiwa

Demikian dikatakan Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit (P2) Dinas Kesehatan Kota Kupang, Sri Wahyuningsih kepada wartawan di ruangkerjanya, Kamis (15/3/2018).‎

‎Sry mengatakan, imunusasi MR merupakan program nasional.  imunisasi MR yang harus dilakukan  sama seperti Imunisasi PIN tahun 2016 lalu. Tujuan dari digelarnya Imunisasi MR agar Indonesia terbebas dari penyakit campak di tahun 2020 mendatang.

‎”Sesuai rencana, Imunisasi MR mulai akan dilakukan secara masal pada bulan Agustus dan akan berakhir di bulan September 2018,” katanya.

Menurutnya, mengingat imunisasi akan dilakukan secara masal dan melibatkan banyak orang, dinas Kesehatan akan menggandeng Tim Penggerak PKK dalam pelaksanaanya. Selain itu, akan dilibatkan juga, dinas Pendidikan, Pos yandu, Puskesmas, sekolah, ‎ dinas Kominfo.

“Saat ini kami masih menyusun Tim untuk mensukseskan imunisasi MR secara masal di Kota Kupang, sejumlah dokter, perawat dan bidan akan dilibatkan, karena imunisasi akan dilakukan dengan cara menyuntik,” katanya.

Ketika disinggung jumlah penderita Campak Rubella di Kota Kupang , Sry mengaku bahwa jumlah korban belum terdata secara baik.  Hanya saja,  masih terdapat penderita campak rubella yang cukup banyak di Kota Kupang.