Kodim 1605/Belu Tanam 2000 Anakan Pohon Mahoni

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu menggelar kegiatan penghijauan di Dusun Weliurai, Desa Kabuna, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat, Jumat (23/2/2018).

Sebanyak 2000 anakan pohon Mahoni ditanam oleh Dandim 1605/Belu beserta jajaran dengan melibatkan Kapolres Belu, perwakilan Instansi Lingkungan Pemkab Belu, perwakilan Kejari Belu, Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY, FKPPI, Danki Brimob serta masyarakat setempat.

Selain wujud peduli lingkungan, kegiatan penanaman ribuan anakan pohon Mahoni di daerah yang berbatasan langsung dengan Negara Timor Leste itu dalam rangka memperingati hari ulang tahun Korem 161/Ws Kupang ke-57 tahun 2018.

Dandim 1605/Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika mengatakan, tujuan dilaksanakan kegiatan penghijauan ini adalah untuk menjaga lingkungan alam sehingga kelestarian alam tetap terjaga.

Lanjut Gusti, kegiatan ini juga untuk menjaga tetap adanya sumber-sumber air karena dengan adanya banyak tumbuhan pepohonan disekitar kita tanah dapat menyerap dan menyimpan kandungan air lebih banyak lagi.

Selain itu, jelas Gusti kegiatan peduli lingkungan hari ini juga dalam rangka memperingati HUT ke-57 Korem 161/Wira Sakti Kupang tahun 2018.

Dia berharap kedepan dengan adanya penghijauan ini untuk jangka waktu yang panjang ketersediaan air yang ada dalam tanah itu ada apabila memasuki musim kemarau nanti. Hutan yang terpelihara dengan baik, dan lahan yang ditumbuhi pepohonan dengan cukup, akan berfungsi melindungi bagi lahan di sekitarnya.

“Dengan demikian lahan akan berfungsi dengan baik dalam menata air, menyerap dan menyimpan air, lahan menjadi subur, kelembaban tanah, udara, dan iklim dapat terjaga keseimbangannya,” pungkas Gusti.