Peran Orang Tua Penting Dalam Membentuk Karakter Anak

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Pembentukan karakter anak sejak dini penting dilakukan para orang tua. Oleh karena itu peran orang tua sangat penting dalam mendidik watak atau pribadi anak sejak dini.

Demikian Sekda Belu, Petrus Bere selaku Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Inkai Kabupaten Belu saat membawakan materi bagi para orang tua pelajar di SMPN Loro Tuan, Dusun Babira, Desa Teun, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, Timor Barat perbatasan RI-RDTL, Sabtu (17/2/2018).

Menurut dia, pendidikan berkarakter anak tersebut menjadi tugas bagi para orang tua untuk membangun bangsa Negara dan Agama yang lebih baik. Bagaimana karakter anak-anak di masa depan nantinya tergantung pada peran didikan orang tua di rumah.

“Sedangkan sebagian besarnya pendidikan itu diberikan oleh Guru di sekolah,” ujar dia.

Ketua Umum Pramuka Belu itu juga menuturkan, pendidikan karakter bagi anak merupakan hal penting sebagai faktor penentu pembangunan Bangsa dan Negara di masa mendatang. Oleh sebab itu, perlu menanamkan nilai-nilai kebangsaan serta agama kepada anak didik yang merupakan prioritas utama bagi orang tua.

Seperti diketahui jelas Bere, saat ini tingkat kenakalan pelajar yang sedang marak terjadi yaitu anak sekolah yang memukuli Guru dan adapula tindakan anak yang menghancur kaca sekolah serta lain sebagainya. Selain itu kita bisa lihat dimana-mana tentang tawuran antar pelajar khusus terjadi di Belu diantaranya pelajar STM dengan SMAN.

“Selain itu ada pula palak memalak yang dilakukan oleh anak akibat minuman keras bahkan adapula para pelajar yang sudah mencoba coba Narkoba, serta Porno grafi yang dilihat lewat HP,” kata dia.

Kepada orang tua dihimbaukan, untuk terus mengingatkan mereka (anak-anak-red) kita agar tidak terjerumus ke hal-hal seperti itu. Sehingga diharapkan dengan masalah-masalah seperti ini, pemberian materi penting agar dapat mempertemukan para orang tua dengan guru tentang pendidikan karakter anak yang baik.

“Bagi Guru dan orang tua dalam mendidik anak harus memberikan pujian kepada anak. Jadikan tempat sekolah adalah rumah belajar keluarga dan jangan hanya belajar untuk menjadi pintar namun belajar menjadi aklak yang baik serta memberikan perhatian dan juga sebagai mentor yang baik untuk membentuk karakter anak untuk membangun Bangsa dan Negara,” pesan Bere.

Hadir dalm giat Kepala Sekolah SMPN Loro Tuan, Kepala Desa Teun, Para Guru SMPN Loro Tuan serta perwakilan orang tua pelajar sebanyak 75 orang. Turut hadir pula Kepala Sekolah SMPK Don Bosco Atambua selaku Wakil Ketua Inkai Belu, Kepala Desa Silawan Selaku Pelatih Ranting dan Pengurus Perlengkapan Inkai Cabang Belu, Sekretaris Inkai Belu, Bendahara Inkai Belu, Wasit Forki NTT, Para Shenpai dan Kohai Inkai Belu.

Kesempatan itu, dilakukan penyerahan simbolis berupa sumbangan pakaian Karate/Dogi sebanyak 50 buah dari Kepala Desa Silawan Ferdi Mones Bili selaku Pengurus Perlengkapan kepada kepala Sekolah SMPN Lorotuan.