3000 Personel Gabungan Siap Amankan Pilgub NTT di Belu dan Malaka

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 3.000 lebih personel gabungan dikerahkan untuk pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT di Kabupaten Belu dan Malaka pada bulan Juni 2018 mendatang.

Kepolisian Resor (Polres) Belu dan BKO Brimob Atambua mengerahkan 2.227 personel. Dibantu dengan perkuatan 140 personel TNI dan 1.360 personel Linmas yang berada di wilayah Belu dan Malaka.

Personel gabungan keamanan akan disebarkan di 680 tempat pemungutan suara (TPS) yang berada di Kabupaten Belu dan Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing dalam amanat pada apel gelar pasukan operasi mantap praja turangga 2018 di lapangan umum Atambua mengatakan, apel gelar pasukan yang diselenggrakan ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan personel dan kelengkapan sarana prasarana Polri beserta unsur terkait sebelum diterjunkan ke lapangan.

“Diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan saat berjalan dengan optimal dalam rangka sukseskan pengamanan Pilkada mendatang di Belu dan Malaka,” ucap dia.

Mencermati tantangan tugas dalam pengamanan Pemilukada 2018 tersebut, diperintahkan kepada seluruh jajaran untuk mengawal dan mengamankan setiap tahapan pilkada dengan sebaik-baiknya. Serta berupaya mewujudkan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif, agar dapat memberikan rasa aman kepada para penyelenggara dan peserta pilkada mendatang.

“Serta menjamin masyarakat dapat menggunakan hak pilih dengan jernih sesuai hati nuraninya,” ujar Tobing.

Dalam rangka mendukung hal itu ditekankan juga kepada seluruh Kasatopsnal dan Kapolsek jajaran, agar terus meningkatkan kemampuan personel, memberikan kelengkapan perorangan yang memadai dalam menghadapi berbagai potensi ancaman yang terjadi pada Pilkada serta kemungkinan terjadinya situasi kontinjensi.

Selain itu kepada seluruh jajaran Tobing meminta agar secara proaktif terus memperkokoh sinergi Polisional dengan penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya dalam rangka mendukung kesuksesan Pilkada Gubernur dan Wagub NTT 2018.

Hadir dalam apel tersebut, Wakil Bupati Belu, Bupati Malaka, Sekda Belu, Ketua KPU, Panwaslu, Pimpinan Parpol Belu-Malaka, Dansatgas RI-RDTL Sektor Timur Yonif 743/PSY, Pimpinan Forkopimda Belu, Pimpinan OPD Belu-Malaka, Para Kabag, Kasat Polres, para Kalpolsek serta personil Polri, TNI, Dishub, Satpol PP, Senkom.

Usai apel gelar pasukan tersebut dilanjutkan dengan penandatangan ikrar damai oleh seluruh Pimpinan Parpol, KPU serta Panwaslu dari Kabupaten Belu maupun Malaka.