Jelang HPN SWST Akan Tanam Anakan Mangrove

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2018 mendatang, sejumlah wartawan media cetak, elektronik dan online menamakan Solidaritas Wartawan Sumba Timur (SWST) merencanakan akan meriahkan HPN dengan menanam anakan mangrove.

Aksi simpatik ini mewujudkan rasa kepedulian terhadap pelestarian lingkungan dan alam dengan menanam seribu anakan mangrove (Bakau) di setiap pesisir pantai tepatnya di pantai manubara, padadita kota Waingapu.

“Kegiatan ini melibatkan sejumlah wartawan yang bertugas di Sumba Timur, bukan hanya menyajikan berita kepada masyarakat namun sangat peduli dengan pelestarian lingkungan alam, jadi kami sepakat untuk menanam anakan mangrove di pantai padadita,”kata Robert Ropo, Sekretaris panitia pelaksana kegiatan, Jumat (2/2/2018) di Studio Radio Max FM Kalu Waingapu.

Menurutnya, kegiatan ini akan melibatkan sejumlah anggota Forkompinda Sumba Timur, Satuan Polisi Pamong Praja, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Taman Nasional Matalawa serta masyarakat umum.

“Jadi kegiatan menanam mangrove ini jika nanti berhasil akan berdampak pada harapan masa depan lingkungan alam kita terutama di pesisir pantai di Sumba Timur,”terangnya.

Ia menambahkan, dalam memeriahkan kegiatan itu, wartawan yang tergabung SWST yakni, Handrik Dengi (Radio Max FM dan KBR), Robert Ropo (Pos Kupang), Siti Aminah Wungo (ANTV/TV One-Viva Group), Mohammad Habibudin (NTTOnlinenow.com), Dion Umbu Ana Lodu (Waingapu.com), Frangky Johanis (Victory News) dan Andi M Yusuf (Kompas TV).

Lanjut Robert, rasa simpatik terhadap lingkungan melalui menanam mangrove, SWST akan menggelar talk show dengan tema “Peran Wartawan dalam Pembangunan Sumba Timur” pada Selasa (6/2/2018) mendatang sekaligus menjadi ajang silaturahmi sesama pegiat Jurnalis.