670 Aparat Gabungan Amankan Natal-Tahun Baru di Belu dan Malaka

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 670 personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan perayaan hari Natal 25 Desember 2017 dan Tahun Baru 1 Januari 2018 di wilayah Kabupaten Belu dan Malaka, Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Dari unsur Kepolisian sebanyak 418 aparat terdiri dari 132 personel, Polsek jajaran 286 personel dan Brimob Atambua 30 personel. Selain itu didukung instansi terkait, satuan TNI sebanyak 100 orang, Pol PP 90 orang, Dishub 30 orang, Angkasa Pura 2 orang, ASDP 2 orang, Dinkes 10 orang, Damkar 10 orang serta gabungan pemuda gereja dan ormas Islam.

Demikian disampaikan Kapolres Belu AKBP Yandri Irsan dalam konferensi pers akhir tahun bersama awak media di ruang posko Promoter Mapolres Belu, Sabtu (23/12/2017).

Menurut Yandri, pengamanan digelar dalam Operasi (Ops) Lilin Turangga 2017 selama 10 hari terhitung sejak 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018 mendatang.

“Jumlah Gereja yang diamankan selama perayaan natal dan tahun baru sebanyak 85 Gereja. Di wilayah Kabupaten Belu ada 42 Gereja dan Malaka 43 Gereja,” papar dia.

Baca juga : Sejumlah Perwira di Jajaran Polres Belu Dimutasi

Untuk jumlah Pos pengamanan ada lima. Di Kabupaten Belu tiga pos yakni di pos pam simpang lima, Gereja Polycarpus dan Gereja Katedral. Di wilayah Malaka pos pam Gereja Santa Maria Betun dan Gereja GMIT Ebenhaezer Betun. Sedangkan Pos Yan 1 buah di Bandara A.A. Bere Tallo.

Lanjut Yandri, untuk objek wisata pengamanan terpusat di tujuh (6) titik. Lima lokasi di Belu yakni, pantai Sukaerlaran, pasir putih, PLBN Mota’ain, Teluk Gurita dan air terjun Mauhakek, Lasiolat. Sementara di Malaka pantai Motadikin dan PLBN Motamasin.

Lanjut dia, operasi lilin sama juga dengan operasi kemanusiaan. Sebagai Polisi siap melayani sekalipun hari raya Natal dalam hal pelayanan pengamanan. Diharapkan dukungan dari seluruh masyarakat di Belu dan Malaka dalam menyejukkan perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Kita juga minta dukungan dari rekan-rekan media. Semoga seluruh rangkaian hari besar perayaan Natal dan Tahun Baru di wilayah Belu dan Malaka dapat berjalan aman lancar tanpa gangguan,” pinta Yandri.

Turut hadir dalam konferensi pers, Wakapolres Belu, Kompol I Ketut Perten, Para Kabag, Kasat serta Perwira Staf Polres Belu.