135 Karateka Inkai Cabang Belu Ujian Kenaikan Sabuk

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Sebanyak 135 karate putra-putri dari perguruan beladiri Inkai Cabang Belu melakukan ujian kenaikan tingkat atau sabuk di gedung olahraga (GOR) L. A Bone Atambua, Minggu (1/10/2017).

Ujian kenaikan sabuk diikuti karateka 6 ranting dari 11 ranting Inkai Cabang Belu yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa.

Hadir dalam ujian tersebut, Ketua Majelis Sabuk Hitam (MSH) Belu, Ketua Inkai Belu sekaligus Ketua Forki Belu, Sekertaris Forki, Angota Perwasitan Forki, Wakil ketua Inkai Belu, Para MSH dan Pelatih ranting Inkai Cabang Belu.

Ketua MSH Belu, Petrus Bere dalam sambutannya sekaligus membuka ujian kenaikan sabuk mengatakan, ghasuku kenaikan tingkat atau sabuk di era sekarang mudah, dibandingkan dulu harus bertarung habis-habisan.

Diinformasikan bahwa, tahun depan akan ada even olah raga daratan Timor atau pekan olah raga tingkat provinsi. Berapa tahun lalu karate Belu luar biasa, dan saya harap tahun depan para karate Forki Belu lebih luar biasa dan harus bisa tampil maksimal sehingga meraih prestasi yang mengharumkan nama Belu.

“Setelah ini rekan-rekan Forki duduk bersama buat agenda untuk pekan olahraga nanti. Di Belu saat ini beladiri kita dibanggakan di provinsi baik itu karate ataupun tinju. Kaitan itu tahun depan angggaran yang dikasih ke KONI sebesar 2 miliar lebih,” sebut Sekda Belu itu.

Baca juga : Kodim 1605/Belu Nobar Film G 30 S/PKI di Lokasi Sasaran TMMD Desa Maneikun

Oleh karena itu Bere berharap kepada para karateka inkai Belu terus meningkatkan latihan dan terus berlatih untuk meraih prestasi yang baik. Banyak potensi dan ini harus kita tunjukan ke depan beladiri Inkai bisa meraih prestasi.

“Untuk para karateka yang ujian naik sabuk, lakukanlah dan tunjukan yang terbaik. Terus berlatih, jangan pernah bosan untuk meraih prestasi,” pinta dia.

Ketua Inkai Cabang Belu sekaligus Ketua Forki Belu menuturkan, ujian kenaikan sabuk 135 karateka ini membantu menampilkan kemampuan bela diri para karateka yang belajar selama ini.

Oleh karena itu, dengan ujian ini para karateka kedepan harus semangat, semakin tingkatkan latihan dan terus berlatih untuk meraih prestasi yang baik. “Silakan berjuang dalam ujian ini, semoga semua dapat meraih hasil murni para karate selama berkarir,” ujar da Silva.

Untuk diketahui dalam ujian tersebut karateka akan naik sabuk dari putih ke kuning, kuning ke hijau, hijau ke biru kyu 5, biru kyu 5 ke biru kyu 4, biru kyu 4 ke coklat kyu 2, coklat kyu 3 ke coklat kyu 2 dan coklat kyu 2 ke coklat kyu 1.
Selama proses kenaikan tingkat atau sabuk para karateka akan mendapatkan materi kihon, kata dan kalimat.