Walikota Kupang Kukuhkan Satgas Saber Pungli

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Untuk mewujudkan Pemerintahan yang bersih, bebas pungli, Bebas KKN, Jujur dan Adil, Walikota Kupang, Jefri Riwu Kore resmi mengukuhkan Satuan Tugas Saber Pungli. Kegiatan pengukuhan itu berlangsung Rabu, (20/9/2017), di Balai Kota Kupang.

Walikota Kupang dalam Sambutannya usai pengukuhan mengatakan, sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016, tentang satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli). Hal ini sejalan dengan misi Pemerintah Kota Kupang 2017-2022, yaitu Kupang Jujur, maka Pemerintah membentuk Satgas Saber Pungli Kota Kupang.

“Pemerintah Kota Kupang bertekad dan berkomitmen untuk memberantas pungli sampai ke akar-akarnya hingga terwujudnya budaya anti anti Pungli, demi meningkatkan taraf kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Jeriko.

Walikota yang akrab disapa Jeriko mengatakan, Satgas Saber Pungli tersebut mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif dan efisien dengan mengoptimalkan pemanfaatan personil, satuan kerja dan sarana prasarana baik yang berada di kementrian/lembaga maupaun Pemerintah Daerah.

Selanjutnya, ia menghimbau kepada semua jajaran aparatur Pemerintah Kota Kupang untuk selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya tanpa adanya pungutan yang tidak memiliki dasar hukum dalam bentuk apapun.

Jefri berharap, seluruh masyarakat Kota Kupang untuk selalu berperan aktif dengan melaporkan pada Satgas Saber Pungli/Aparat penegak hukum apabila ada oknum Aparatur Pemerintah yang melakukan pungutan liar.

Baca juga : Hari Perdamaian Internasional, Orang Muda Lintas Agama Soroti Krisis Rohingya

Walikota juga meminta Jajaran Pemerintah Kota Kupang untuk selalu aktif dalam mensosialisasikan program Saber Pungli serta mematuhi sistem dan prosedur sebagaimana yang telah diisyaratkan dalam setiap pelaksanaan program dan kegiatan, sehingga dapat menjadi contoh dan teladan bagi lingkungan kerja, rumah tangga maupun masyarakat luas.

“Marilah kita sama-sama memberantas pungli agar Kota Kupang yang kita cintai ini menjadi lebih makmur, sejahtera dan bebas pungli,” harap Jeriko.

Sementara, Waka Polres Kupang, Kota yang Juga menjadi Ketua Saber Pungli, Kompol, A.M Von Bulow, mengatakan akan bekerja keras memberantas setiap pungutan liar.

Bulow meminta bantuan semua pihak agar bisa memberikan informasi terkait berbagai pungutan pada semua instansi/Lembaga yang tidak sesuai aturan yang ada.

“Kami juga membutuhkan bantuan masyaakat maupun seluruh Aparatur Agar bisa membantu dalam memberikan informasi,” demikian Bulow.