Pentingya Peran Orang Tua Dalam Membentuk Karakter Anak

Bagikan Artikel ini

Laporan Marten Don
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Memperingati Hari Ulang Tahunnya (HUT) yang ke-95 Sekolah Dasar Katolik (SDK) Pagal 1, kecamatan Cibal, kabupaten Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu (2/9/2017) siang mengadakan seminar bertemakan, “Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga (Anak dan Remaja) dan Peningkatan Kapasitas Orang Tua”.

Kegiatan itu dilaksanakan di Sekolah tersebut dengan dihadiri oleh seluruh orang tua siswa dan tokoh masyarakat setempat.

Hadir sebagai Narasumber, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadis PK) Kabupaten Manggarai, Maksimus Gandur, Kabid Pembinaan dan PNF, Yohanes D. Minghui bersama sejumlah staf dinas PK Manggarai lainnya.

Dalam pemaparan materinya, Gandur, mengatakan, dalam dunia pendidikan ada 3 (tiga) pemeran penting dalam membentuk karakter anak, yaitu 1. Peran orang tua atau keluarga. 2. Satuan pendidikan. 3. Masyarakat. Ketiga komponen ini harus saling bersinergi, tambahnya.

Dikatakannya, ada sejumlah fenomena yang selalu mengitari dunia pendidikan kita selama ini dan rentan terjadi. Seperti kekerasan terhadap anak, baik kekerasan fisik, verbal maupun emosional.

Baca juga : SDK Pagal 1 Rayakan ULTAH Ke-95

Salah satunya adalah kekerasan seksual, baik pada perempuan maupun laki-laki.

Dirinya berencana, kedepannya, sejak 2018 mendatang pendidikan karakter ini akan dimulai sejak usia dini, mulai dari PAUD, SD, SMP hingga SMA.

“Ini program pemerintah pusat. Daerah harus meresponsnya. Kita siapkan anggarannya nanti. Sesuai dengan penegasan Presiden, 70 persennya pendidikan karakter, dan 30 persennya akademis,” ujarnya.

Pendidikan karakter ini bertujuan untuk menciptakan anak-anak yang memiliki karakter baik dan berkualitas.

Dari 500-an kabupaten/kota di Indonesia, ada 80 kabupaten/kota pada tahun 2017 yang dialokasikan anggarannya oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan pendidikan ini, ujarnya.