Pembakaran Hutan dan Lahan Masih Terjadi di Sumba Timur

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habibudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Aksi pembakaran hutan dan lahan di Kabupaten Sumba Timur masih terus terjadi meski telah menjadi perhatian serius pemerintah Kabupaten. Walaupun pemerintah kabupaten telah melaksanakan rapat koordinasi pengamanan dan antisipasi pembakaran hutan dan lahan.

Pembakaran hutan dan lahan masih terlihat oleh beberapa warga yang tidak jauh dengan lokasi tempat tinggal seperti di Kecamatan Rindi dan Kanatang, aksi ini membuat warga resah dan prihatin bahkan khawatir akan titik api merambah ke berbagai tempat.

Baca juga : Wakapolres Sumba Timur Serah Terima Jabatan

“Aksi bakar hutan dan lahan ini sudah menghabiskan rumput di padang Sumba Timur dan juga akan berpotensi besar pada hutan dan area penghijauan,” kata Soleman Waya salah seorang warga Kanatang ketika ditemui NTTOnlinenow.com, Sabtu (2/9/2017).

Dia juga menuturkan, aksi pembakaran hutan ini terjadi pada malam hari yang sudah menghabiskan padang rumput sekian hektar, selain itu juga mengganggu kenyaman warga disekitar lokasi karna asapnya mengganggu keselamatan warga yang berada di lokasi tempat pembakaran.

“Kami minta penanganan serius dari pemerintah kabupaten agar mengambil langkah tegas, seperti pengamanan dan antisipasi pembakaran hutan dan lahan karena ini sudah berulang kali terjadi di Sumba Timur,”harapnya.