Pemerintah NTT Finalisasi Dana Pengamanan Pilgub

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) saat ini segera melakukan finalisasi besaran dana yang dibutuhkan Polda NTT dan Korem 161/Wirasakti (WS) untuk kegiatan pengamanan pilgub 2018. Sedangkan untuk KPU dan Bawaslu sudah ditetapkan besarannya.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) NTT, Hali Lanan Elias sampaikan ini kepada wartawan di Kupang, Selasa (22/8/2017).

Elias menjelaskan, dana pengamanan untuk Polda NTT dan Korem 161/WS, hingga kini masih dibahas dan ada sejumlah hal yang perlu disinkronisasi. Dana pengamanan yang diajukan Polda NTT sebesar Rp32 miliar, sedangkan Korem 161/WS sebesar Rp4 miliar.

Baca juga : KPU NTT Sosialisasi Peraturan Pilkada kepada Parpol dan Bakal Calon

“Kita segera finalisasi besaran dana yang dibutuhkan untuk pengamanan pilgub sehingga bisa tuntas seperti KPU dan Bawaslu,” kata Elias.

Dia menyampaikan, dana pilgub untuk KPU telah ditetapkan sebesar Rp318 miliar. Untuk Bawaslu pun sudah diputuskan sebesar Rp122 miliar dari yang diusulkan sebesar Rp127 miliar. Dengan demikian, untuk KPU dan Bawaslu sudah beres. Selanjutnya diproses Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) untuk ditandatangani masing- masing pihak.

“Dana pilgub sangat dibutuhkan oleh lembaga penyelenggara, sehingga kita akan percepat NPHD untuk ditandatangani gubernur dan para pihak atau lembata terkait,” ujar Elias.