Daniel Hurek: Sekolah Swasta Perlu Diberi Subsidi Oleh Pemkot

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Polemik Penerimaan Siswa Baru di Kota Kupang sepertinya tidak akan berakhir, karena para orangtua hanya mau menyekolahkan anaknya di sekolah negeri dengan alasan biaya. Mereka umumnya keberatan menyekolahkan anak mereka di sekolah swasta karena harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Untuk itu pemerintah perlu memikirkan langkah-langkah strategis untuk mengatasi persoalan PSB yang terjadi setiap tahun.

Anggota DPRD Kota Kupang, Daniel Hurek kepada wartawan di gedung DPRD Kota Kupang, Kamis (20/7/2017) mengatakan, untuk menjawab persoalan seperti ini pemerintah harus berani melakukan dengan memberikan subsidi kepada sekolah swasta.

Menurutnya kalau pemerintah memberikan subsidi kepada sekolah swasta, maka pihak sekolah swasta bisa menekan harga uang sekolah sehingga bisa menarik minat orangtua untuk menyekolahkan anak mereka.

Baca juga : Dinas Pendidikan Kota Kupang Akan Minta Dispensasi ke Kemendikbud

“Kita tahu bersama bahwa untuk masuk kesekolah bermutu seperti Giovani, Mercusuar, dan beberapa sekolah swasta lainnya, butuh biaya yang sangat besar. Untuk pendaftaran saja, sudah mencapai jutaan rupiah belum lagi ditambah biaya SPP dan biaya ekstrakurikuler yang sangat besar sehingga dengan kondisi perekonomian yang pas-pasan banyak orangtua yang enggan menyekolahkan anaknya di sekolah swasta,” Katanya.

Menurutnya buntut dari mahalnya di sekolah swasta, maka para orangtua ramai-ramai hanya mau menyekolahkan anak mereka disekolah negeri, padahal jumlah sekolah negeri terbatas.

“Berapa jumlah sekolah negeri di Kota Kupang, kalau mau dilihat, jumlah sekolah swasta lebih banyak dari sekolah negeri. Untuk PSB tingkat SMP saja, para pendaftar hampir mencapai 12 ribu siswa sedangkan daya tampung SMP negeri yang berjumlah 20 sekolah hanya 5 ribu lebih. Untuk itu pemerintah perlu memberi subsidi kepada sekolah swasta untuk meringankan biaya operasional,” kata Hurek.