Cuaca Buruk, KMP Pulau Sabu Terdampar di Perairan Kekehi Bot TTU

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Cuaca buruk disertai angin kencang, mengakibatkan 1 unit KMP Pulau Sabu terdampar di perairan Kekehi Bot Desa Motadik Kecamatan Biboki Anleu Kabupaten Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur, pada Selasa siang (03/01/2017).

Namun berdasarkan laporan yang diterima, KMP Pulau Sabu telah berhasil dievakuasi oleh Kapal Tunda Draginet VII selanjutnya kapal tersebut ditarik menuju ke arah Pelabuhan Atapupu pada Rabu siang (04/01).

Baca : Gelombang Tinggi, Nelayan di Pantura Atapupu Berhenti Melaut

Menerima informasi kecelakaan tersebut, Kabag Ops Polres TTU Kompol John Simon, Kaban BNPB kabupaten TTU, Yohanes Bani, Kaban BNPB Kabupaten Belu, Alfons Kehi dan unsur Tripika Biboki Anleu langsung mendatangi lokasi kejadian guna memantau perkembangan dari KPM Pulau Sabu. Setelah KMP Pulau Sabu berhasil dievakuasi ke pelabuhan Atapupu oleh Kapal Tongkak Draginet VII, Kabag Ops bersama para Kaban BNPB meninggalkan lokasi perairan Kekehi Bot menuju ke Satpol Air Atapupu guna berkoordinasi mengenai evakuasi selanjutnya Kapal KMP Pulau Sabu.

Meskipun telah berhasil dievakuasi ke pelabuhan Atapupu, namun KMP Pulau Sabu masih mengalami Trouble Engine. Sementara ini, PT Globamor telah berupaya menggerakan KMP Sirung 1030 GT menuju LKM guna menarik KMP Pulau Sabu namun lantaran terkendala dengan cuaca buruk, KMP Sirung masih berlindung di Tanjung Gurita menunggu cuaca kembali normal untuk bisa mengevakuasi kapal terdampar yang berbobot 800 GT itu.

Data yang berhasil diperoleh media ini, Nahkoda dari KMP Pulau Sabu, Balada Bernadus memuat 21 ABK tanpa penumpang dengan route pelayaran dari Kalabahi, Tanjung Gurita, Kisar dan Wetar. Nahkoda dan ke – 21 ABK berada dalam keadaan baik sambil menunggu KMP Pulau Sabu dievakuasi dari perairan Atapupu oleh tim Search and Rescue (SAR) NTT.