Lomba Pacuan Kuda Dubes Cup II, Perebutkan Hadiah Rp 250 Juta

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Setelah sukses menyelenggarakan lomba Pacuan Kuda Dubes Cup I pada tahun 2015 lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Timor Tengah Utara (TTU) melalui Dinas Pariwisata, kembali menggelar lomba yang sama untuk kali kedua (II) di tahun 2016. Total hadiah yang diperebutkan pada lomba ini sebesar Rp 250.000.000 (dua ratus lima puluh juta).

Kejuaraan Pacuan Kuda Dubes Cup II ini resmi dibuka oleh Bupati TTU, Raymundus Sau Fernandez pada Minggu (27/11/2016) di arena pacuan kuda Km 9 Kota Kefamenanu.

Dalam sambutannya, Bupati Raymundus mengatakan, kejuaraan pacuan kuda itu sebagai salah satu niat dan komitmen pemerintah daerah dalam menghibur, memotivasi, dan menambah pendapatan masyarakat dengan adanya beternak kuda.

“Sekaligus moment ini kami patut berterima kasih kepada seluruh masyarakat TTU yang dengan tulus iklas mendukung kembali kepemimpinan kami yakni Raymundus Sau Fernandes-Aloysius Kobes (Dubes) pada Pemilu Kepala Daerah Secara Serentak pada 9 Desember 2015,” katanya.

Menurut Raymundus, Kejuaraan Pacuan Kuda Dubes Cup itu diselenggarakan setiap tahun, oleh karena itu para peternak kuda diajak untuk menyiapkan kuda pacunya sehingga mampu bersaing dengan kuda-kuda di luar TTU pada event sejenis lainnya.

Baca : Sekolah Negeri dan Swasta Harus Diberi Perhatian Sama

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Kejuaraan Pacuan Kuda, Boni menjelaskan bahwa penyelenggaraan kegiatan itu terbuka untuk seluruh masyarakat NTT yang memelihara kuda atau memiliki bakat kuda pacu untuk terlibat dalam kegiatan tersebut.

Banyak peserta dari luar Kabupaten TTU, seperti Timor Leste juga terlibat dalam event itu. Selain itu, ada juga kuda dari beberapa kabupaten di daratan Timor dan ada juga dari Sumba yang mengambil bagian dalam kejuaraan itu.

“Kejuaraan ini akan berlangsung dari 27 November-4 Desember 2016. Oleh karena itu diharapkan kepada masyarakat agar dapat menyaksikan kejuaraan ini setiap hari. Karena selain hiburan, kejuaraan pacuan kuda ini juga memotivasi masyarakat untuk memelihara kuda,” kata Boni.

Dia menambahkan bahwa kejuaraan itu dapat terselenggara atas dukungan pemerintah Daerah Kabupetan TTU, para donatur dan sponsor dari beberapa pihak diantaranya Bank NTT Cabang Kefamenanu.

Kepala Cabang Bank NTT, Endri Wardono mengatakan, pihaknya selalu mendukung kebijakan Pemerintah Daerah TTU dalam mendorong para peternak kuda dan apa saja yang dapat mengubah perilaku hidup masyarakat ke hal-hal yang positif. Salah satunya adalah memelihara dan merawat kuda untuk ikut dalam kejuaraan yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten TTU maupun oleh pihak penyelengara di luar TTU.

“Sebagai Bank milik Orang NTT kami akan mensponsori setiap kegiatan yang melibatkan masyarakat dalam kegiatan semacam ini dan kegiatan lain yang mendorong perekonomian masyarakat yang lebih baik dan sejahtera. Dan pada Kejuaraan Pacuan Kuda Dubes Cup II tahun 2016 kami menyiapkan empat buah sepeda motor sebagai hadiah untuk pemenang,” kata Endri.