TNI Akan Bangun Arhanud & Armed di Kabupaten Kupang

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Demi menguatkan wilayah perbatasan antar Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) dan Australia, Tentara Nasional Indonesia (TNI) bakal bangun Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) di Desa Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto Kabupaten Kupang.

Komandan Korem 161 Wirasakti Kupang, Brigjen TNI. Heri Wiranto saat meninjau lokasi yang bakal dibangun Arhanud di Raknamo, Kamis (1/9/2016) mengatakan, Raknamo merupakan salah satu lokasi yang direncanakan pihaknya beserta lokasi lainnya di wilayah Kabupaten Kupang. “Ini hanya salah satu titik yang akan kami kaji untuk dibangun Arhanud,” ungkap Wiranto.

Mantan Danrem Bali ini mengatakan, pembangunan Arhanud merupakan salah satu upaya TNI untuk membangun kesatuan TNI di wilayah perbatasan. Untuk pengembangan Arhanud ungkap Wiranto, pihaknya akan lakukan kajian lebih mendalam.

“Kedepan kita rencanakan akan menggelar pasukan sehingga kita memerlukan lahan. Kita juga akan membentuk kesatuan di wilayah Kabupaten Kupang seperti Arhanud dan Artileri medan (Armed),” katanya.

Ia mengatakan, di Desa Raknamo pihaknya mendapat hibah lahan dari tokoh masyarakat, Anselmus G. Djogo.

“Apabila lokasi ini nantinya memungkinkan maka kita akan buat kajiannya dan cek secara fisik. Penempatannya nanti diantaranya di sini kita juga akan melihat yang lainnya tetapi secara fisik di sini sudah cukup memadai,” ujarnya.

Pembangunan Arhanud maupun Armed di wilayah Kabupaten Kupang tambahnya, akan dilakukan secepatnya. Menurutnya, pembangunan dua kesatuan itu cukup mendesak untuk menjaga serta memperkuat NKRI.

Sementara tokoh masyarakat Kabupaten Kupang, Anselmus G. Djogo mengatakan, dirinya menyerahkan lahan untuk pembangunan Arhanud di wilayah Raknamo merupakan bentuk dukungannya dalam mempertahankan NKRI.

Selain itu ungkap Penggagas Kampong Toleransi Antar Umat Beragama Naibonat di Kabupaten Kupang ini mengatakan, dengan pendirian Arhanud di lokasi tersebut diharapkan dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Ini merupakan bagian dari upaya untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat. Dengan kehadiran Arhanud di sini bisa dipastikan berdampak pada menguatnya ekonomi masyarakat yang ada sekitar sini,” ujarnya.

Kepada wartawan, ia mengharapkan dukungan pemerintah maupun TNI AD untuk percepatan pembangunan Arhanud maupun Armed di wilayah Kabupaten Kupang.

“Kasus Naktuka merupakan potret buram bagi ketahanan NKRI sehingga saya menilai pembangunan Armed maupun Arhanud di Kabupaten Kupang sangat mendesak. Penguatan dua kesatuan ini di Kabupaten Kupang akan berpengaruh pada tumbuhnya perekonomian masyarakat,” ujar Djogo.