DPRD NTT Miliki Sembilan Fraksi

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Rapat paripurna menetapkan lembaga DPRD NTT masa jabatan 2019 – 2024 sebanyak sembilan fraksi yang terdiri dari delapan fraksi murni dan satu fraksi gabungan.

Pengumuman penetapan komposisi fraksi-fraksi ini berlangsung dalam sidang rapat paripurna dewan yang berlangsung di Kupang, Selasa (10/9/2019). Sidang dipimpin Ketua Sementara DPRD NTT, Yunus Huhu Takandewa.

Keputusan pimpinan sementara tentang pembentukan fraksi-fraksi DPRD NTT masa jabatan 2019- 2024 dengan komposisi sebagai berikut. Fraksi PDIP dengan 10 kursi menetapkan Yunus Huhu Takandewa (Ketua), Hironimus Tanesib Banafanu dan Pata Vinsensius (wakil ketua), Emanuel Kolfidus (sekretaris), dan Patrianus Lali Wolo (bendahara). Fraksi Partai Golkar dengan 10 kursi menetapkan Hugo Rehi Kalembu (ketua), Jonas Salean dan Thomas Tiba (wakil ketua), Mohammad Ansor Orang (sekretaris) dan Maximilianus Adipati Pari (bendahara).

Fraksi Partai NasDem dengan sembilan kursi menetapkan, Alexander Take Ofong (ketua), Kasimirus Kolo (wakil ketua), John Elpy Parera (sekretaris) dan Kristien Samiyati Pati (bendahara). Fraksi PKB dengan tujuh kursi menetapkan, Junus Naisunis (ketua), Taolin Lodovikus (wakil ketua), Ana Waha Kolin (sekretaris), dan Johanis Lakapu (bendahara).

Fraksi Partai Perindo dengan enam kursi menetapkan, Maria Nuban Saku (ketua), Rocky Winaryo (wakil ketua) dan Oktaviana Lyet Vinsiana Kaka (sekretaris). Fraksi Partai Gerindra dengan enam kursi menetapkan, Gabriel Abdi Kesuma Beri Binna (ketua), Agustinus Bria Seran dan Yohanes Halut (wakil ketua), Jan Pieter Dj Windy (sekretaris) dan Muhammad Sipriyadin Pua Rake (bendahara). Fraksi PAN dengan enam kursi menetapkan, Agustinus Lobo (ketua), Yeni Veronika (wakil ketua), Bernardinus Taek (sekretaris), dan Rambu Konda Anggung Praing (bendahara).

Fraksi Partai Hanura dengan lima kursi menetapkan, Refafi Gah (ketua), Paulinus Yohanes Nuwa Veto (wakil ketua), Adrian Manafe (sekretaris), dan Eduard Markus Lioe. Fraksi Demokrat Solidaritas Pembangunan dengan enam kursi, menetapkan Reny Marlina Un (ketua), Leonardus Lelo dan Dominggus Dama (wakil ketua), dan Christian Widodo (sekretaris). Fraksi gabungan ini terdiri dari tiga partai politik yakni Partai Demokrat yang memiliki empat kursi, serta PPP dan PSI masing-masing satu kursi.

“Sesuai jadwal kegiatan yang telah ditetapkan, terhitung sejak 11- 14 September, tim perumus akan melakukan konsultasi tata tertib DPRD NTT ke Kementerian Dalam Negeri,” kata Yunus.

Di tempat terpisah ia menyampaikan, pada rapat paripurna dimaksud, diumumkan juga empat nama calon pimpinan definitif. Keempat nama itu yakni berasal dari empat partai politik yang meraih suara atau kursi terbanyak hasil pemilu legislatif 2019. Ketua dijabat oleh PDIP atas nama Emilia Julia Nomleni. Sedangkan tiga wakil ketua masing-masing, Inche D.P. Sayuna (Golkar), Christian Mboeik (NasDem), dan Aloysius Malo Ladi (PKB).

“Keempat nama itu selanjutnya diproses untuk mendapatkan keputusan penetapan sesuai mekanisme yang berlaku” ungkap Yunus.

Sekretaris Fraksi PDIP, Emanuel Kolfidus mengatakan, pihaknya belum memastikan untuk menempati posisi ketua dari lima komisi yang ada di lembaga dewan. Karena masih dalam tahapan pembicaraan bersama pimpinan fraksi. Hasil pembahasan akan diumumkan pada waktunya. (NTT-R)