Mobil Listrik PLN – ITS Eksplore Indonesia Tiba di Labuan Bajo

Bagikan Artikel ini

Laporan Jean Alfredo Neno
Kupang, NTTOnlinenow.com – Mobil listrik kolaborasi PLN-Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dalam misi explore Indonesia telah tiba di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (2/8/2019), untuk selanjutnya menuju ke Sape, Bima NTB.

Manager ULP Labuan Bajo, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur, Dwi Ayu Puspitaningtyas sampaikan ini dalam keterangan tertulis yang diterima media ini di Kupang, Jumat (2/8/2019).

Pemerintah Daerah Manggarai Barat bersama PLN Labuan Bajo menyambut hangat kedatangan tim yang membawa mobil listrik dengan nama Alap-Alap Electric UTV tersebut, yang juga disaksikan oleh masyarakat setempat.

“Ini merupakan bentuk dukungan PLN untuk pengembangan riset mobil bertenaga listrik seperti PLN-ITS Explore Indonesia yang sejalan dengan pertumbuhan mobil listrik ke depan yang ramah lingkungan,” ungkap Dwi Ayu Puspitaningtyas.

General Manager PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) NTT, Ignatius Rendroyoko mengatakan, PLN selalu aktif mendorong penggunaan energi listrik termasuk di sektor transportasi, maka terobosan untuk pemanfaatan Energi Baru Terbarukan (EBT)

“Khususnya mobil listrik ini akan sangat terasa manfaatnya karena mobil listrik seperti Alap-Alap Electric UTV ini nantinya dapat digunakan di segala medan (dalam kota dan offroad), jadi patut untuk diuji semaksimal mungkin dengan eksplor Indonesia seperti saat ini yang sudah mencapai etape 6 di Labuan Bajo, NTT,” ujar Rendroyoko.

Selain itu, lanjut dia, PT PLN berkomitmen untuk mendukung dunia akademik dalam melaksanakan riset pengembangan mobil listrik agar mampu diproduksi secara massal dan PLN telah menyiapkan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), sehingga mobil listrik ataupun motor listrik bisa mengisi bahan bakarnya dengan mengecas kapan pun dan dimana pun dengan mudah, sederhana dan waktu yang singkat.

“Bahkan seluruh kantor PLN di Indonesia termasuk NTT siap untuk menyambut dan membantu melancarkan perjalanan Tim PLN – ITS Explore Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch. Dulla menyambut baik kedatangan Tim Test Drive Mobil Listrik karya mahasiswa ITS Surabaya itu. Tim yang beranggotakan lima (5) orang mahasiswa dan satu (1) fotographer ini tiba di Labuan Bajo, Jumat (2/8) sekira pukul 13.00 Wita.

“Saya menyambut baik rencana kedatangan Tim Test Drive Mobil Listrik karya anak-anak bangsa ini. Dan secara khusus saya memberikan apresiasi terhadap para mahasiswa yang telah menciptakan inovasi baru ini,” kata Bupati Agustinus.

Kendati hanya dijadikan tempat persinggahan, Bupati Agustinus meyakini kehadiran mobil listrik di Labuan Bajo memiliki dampak positif apabila dikaitkan dengan pariwisata dengan penerapan konsep pariwisata ramah lingkungan.

Tim PLN – ITS Explore Indonesia, Yoga Uta Nugraha yang tengah menyusuri nusantara dalam Tim PLN Blits Explore Indonesia menyebutkan, kendaraan tersebut merupakan 100 persen karya anak bangsa serta menjadi karya yang benar-benar dapat digunakan di jalanan umum.

“Misi kami dalam membawa mobil listrik yaitu berdakwah teknologi untuk pengembangan kendaraan listrik di Indonesia, jadi kami melakukan uji mobil listrik ini tidak bisa dipungkiri, kalau sekarang kendaraan masih pakai BBM, tapi suka tidak suka kita semua akan menggunakan energi listrik nantinya dan PLN juga tengah mempersiapkan perubahan tersebut dan mohon doanya agar dapat sesuai harapan touring ini dan terus berkarya buat Indonesia,” ujarnya.

Untuk diketahui, rute perjalanan mobil listrik yakni Surabaya, Budiluhur Jakarta, Palembang, Medan, Aceh, Sabang, Pontianak (Pulau Kalimantan), Sampit, Balikpapan, Samarinda, Makasar (Pulau Sulawesi), Kendari, Manado, Ternate, Sorong (Papua), Manokwari, Jayapura, Marauke, Labuan Bajo, Bima, Mataram, Bali, Banyuwangi, dan finish di Jakarta.