Satlantas Akan Sidang di Tempat Saat Operasi Zebra 2019 di Belu dan Malaka Perbatasan RI-RDTL

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Operasi Zebra Turangga 2019 di Kabupaten Belu dan Malaka wilayah hukum Polres Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL digelar selama 14 hari kedepan terhitung tanggal 23 Oktober sampai 5 November.

“Tadi sudah apel gelar Operasi Zebra Turangga. Kegiatan mulainya hari ini 23 Oktober sampai 5 November mendatang,” ujar Kapolres Belu AKBP Christian Tobing melalui Kasat Lantas AKP Shabda Purusha Putra usai apel gelar pasukan di Mapolres Belu, Rabu (23/10).

Dijelaskan, kegiatan operasi Zebra akan menyasar sasaran orang dan kendaraan saat berkendaraan tidak tertib lalu lintas terkait keselamatan pengendara seperti pengaman kepala juga dokumen kelengkapan kendaraan.

“Jadi kita laksanakan penindakan terhadap pengendara yang tidak pakai helm, berboncengan tiga orang, tidak lengkapi administrasi dan dibawah umur,” urai Shabda.

Selain itu juga kendaraan yang tidak nayak jalan seperti kendaraan truk yang mengangkut penumpang. Kaitan itu pihaknya akan berkoordinasi dengan Dishub, POM serta instansi terkait lain di Belu dan Malaka.

“Operasi dilaksanakan secara stasioner maupun dinamis kita akan melihat situasi dilapangan,” kata dia.

Kesempatan itu Shabda mengajak warga pengendara di daerah Belu dan Malaka untuk tertib berlalu lintas sehingga selamat saat mengendara di jalan.

“Kita harap masyarakat bisa tertib berlalu lintas, tidak saja di operasi Zebra ini tapi juga di hari-hari lain. Karena itu angka kecelakaan akan berkurang dan masyarakat tertib,” ujar dia.

Tambah Shabda, pihaknya akan melakukan sidang di tempat pada tanggal 31 Oktober, karena itu pihaknya akan bersinergi dengan Kejaksaan Belu dan Pengadilan Negeri Atambua saat pelaksanaan operasi.

Untuk diketahui apel gelar pasukan Operasi Zebra Turangga 2019 di lapangan Mapolres Belu dipimpin Kabag Sumda Polres Belu, Kompol Alfons Hale Mau dihadiri Dansub POM Atambua, perwira mewakili Kodim 1605/Belu, Perwira Yonif Raidersus 744/SYB, Perwira Satgas Yonif Raider 142/KJ, Kejari Belu, Pengadilan Atambua, Anggota DPRD Belu, Kepala Samsat Atambua, Kepala Jasa Raharja Atambua serta peserta apel personel POM Atambua, Kodim Belu, Yonif Raidersus 744, Brimob, Polres dan staf Samsat Atambua.