Launching Aplikasi E-Praja Raksaka, Dandim Belu : Babinsa Harus Melek Informasi dan Melek Teknologi

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Dandim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi didampingi Pasiter Kapten Inf Alex Bessie mengikuti launching Aplikasi E-Praja Raksaka oleh Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto
melalui Vicon dari ruangan Airlangga Makodam IX/Udayana, Denpasar, Rabu (17/8/2022).

Usai mengikuti kegiatan, Dandim 1605/Belu Letkol Arh Suhardi menegaskan kepada seluruh anggota Kodim Belu khususnya para Babinsa wajib mendownload aplikasi E-Praja Raksasa.

Diingatkan, Babinsa sebagai ujung tombak dari TNI AD yang bersentuhan langsung dengan masyarakat di wilayah teritorialnya harus melek informasi dan juga melek teknologi.

“Babinsa sebagai ujung tombak satkowil, mata dan telinga TNI AD di persada Nusantara wajib untuk memanfaatkan inovasi dari E-Praja Raksaka ini dalam menunjang tugas pokok di wilayah binaannya masing-masing,” tandas Suhardi.

Lanjut dia, perlu diketahui bahwa Aplikasi E-Praja Raksaka merupakan inovasi aplikasi pelindung rakyat dalam menunjang tugas pokok Kodam IX/Udayana agar lebih maksimal, efektif dan efisien.

Melalui aplikasi ini, Kodam IX/ Udayana mengajak peran serta seluruh masyarakat untuk dapat melaporkan setiap kejadian yang berpotensi mengganggu atau mengancam keamanan dan kenyamanan melalui fitur pengaduan.

“Dengan plikasi ini juga para Babinsa dapat mendokumentasikan dan melaporkan setiap kegiatan yang dilaksanakan di wilayah binaannya,” ujar Suhardi.

Diharapkan dengan melibatkan seluruh unsur lapisan masyarakat
dapat dilakukan deteksi dini dan cegah dini terhadap segala kemungkinan ancaman keamanan di lingkungan masyarakat. “Sehingga cepat terdeteksi dan dapat dilakukan penanganan secepatnya,” kata Suhardi.

Kodam IX/Udayana dalam hal ini melakukan suatu inovasi membuat suatu aplikasi yang namanya aplikasi E- Praja Raksaka. Dimana, aplikasi ini merupakan satu inovasi pelindung rakyat serta sebagai penunjang TNI khususnya Kodam IX/Udayana agar dapat melaksanakan tugas lebih maksimal, efektif dan efisien.

“Melalui aplikasi ini juga mengajak peran serta seluruh masyarakat untuk melaporkan setiap kejadian yang berpotensi mengganggu dan mengancam keamanan dan kenyamanan masyarakat itu sendiri,” ujar Suhardi.

Masih menurut dia, laporan dari masyarakat akan langsung terhubung dengan sistem pusat Komando raksaka yang di dalamnya telah tergabung jajaran Babinsa yang tersebar di seluruh Kodam IX/Udayana.

“Khususnya untuk Babinsa yang berada di wilayah Kodim 1605/Belu yang membawahi 2 Kabupaten yaitu Kabupaten Belu dan Malaka kita memiliki 177 mengawasi atau membina 208 Desa dan Kelurahan,” sebut dia.

“Aplikasi ini juga berfungsi sebagai media resmi Kodam IX/Udayana dan jajarannya sampai dengan tingkat Koramil, Babinsa di bawahnya untuk memberitakan setiap informasi penting kepada masyarakat dan pada akhirnya media ini juga dapat dijadikan sebagai wadah untuk semakin mendekatkan TNI dengan masyarakat,” tambah Suhardi.

Lanjut dia, Aplikasi E – Praja raksaka ini juga memiliki fitur laporan kegiatan Babinsa yang dapat dipergunakan untuk mendokumentasikan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan. Selain itu ada juga fitur laporan Mitra karib atau tokoh masyarakat dalam melakukan penilaian terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan oleh petugas Babinsa.

“Khusus kepada seluruh prajurit maupun masyarakat manfaatkanlah aplikasi E-Praja Raksaka ini dengan sebaik-baiknya sehingga dapat mempermudah masyarakat mengakses informasi terkait dengan kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa yang ada di wilayah khususnya yang ada di wilayah Kodim Belu,” kata Dandim Belu itu.

“Aplikasi ini dapat digunakan untuk meningkatkan hubungan antara TNI dengan seluruh komponen masyarakat serta membantu TNI khususnya Kodam IX/Udayana dan jajarannya dalam melaksanakan tugas pokok yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara,” pinta Suhardi.

Ditekankan kepada seluruh Babinsa agar segera mendownload aplikasi tersebut dan aktifkan sehingga segera dapat digunakan. Kemudian harapannya kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk dapat memberikan masukan atau hal-hal yang berkaitan dengan masalah keamanan dan ketertiban kepada aparat sehingga tercipta situasi yang aman dan kondusif.

“Jadi di dalam aplikasi Praja raksaka ini ada tiga fitur yaitu fitur pengaduan, informasi dan bantuan cepat. Jadi masyarakat dapat memanfaatkan di fitur pengaduan itu untuk sampaikan informasi-informasi atau hal-hal yang berkaitan dengan masalah keamanan di kolom pengaduan,” terang Suhardi.

Kemudian untuk kolom informasi mereka dapat mengakses informasi-informasi terkait kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan oleh TNI dalam hal ini Babinsa. Kemudian untuk bantuan cepat itu apabila ada hal-hal yang perlu ditindaklanjuti para Babinsa yang ada di wilayahnya bisa menyampaikan di kolom atau fitur bantuan cepat tersebut yang menyangkut dengan masalah keamanan yang terjadi di wilayahnya.