SKD Rampung, BKPPD Tunggu Jadwal Tes SKB Dari BKN

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Setelah selesai digelarnya seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) pada 3 sampai 9 oktober lalu di Kampus Politeknik, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Kupang sementara menunggu instruksi BKN mengenai seleksi kompetensi bidang (SKB).

Kepala BKPPD Kota Kupang, Ade Manafe kemarin mengatakan, jumlah peserta CPNSD Kota Kupang yang terdaftar dan terverifikasi untuk mengikuti tes SKD sebanyak 2.415 peserta.

Namun ketika pelaksanaan tes, peserta yang hadir hanya 2.231 peserta, sementara 183 orang lainnya tidak hadir untuk mengikuti SKD sehingga dinyatakan gugur. Sementara satu peserta mengikuti tes dari Lampung karena terkonfirmasi covid-19.

Ade Manafe mengatakan, untuk pelaksanaan SKD sudah selesai digelar dan sekarang BKPPD menunggu petunjuk dari pemerintah pusat terkait waktu pelaksanaan tes SKB.

“Kita tunggu instruksi dari pusat. Yang berhak mengikuti SKB yaitu peserta yang memenuhi passing grade. Dari masing-masing formasi diambil tiga peserta nilai tertinggi atau yang memenuhi passing grade,” jelasnya.

Dia mengaku, saat pelaksanaan tes SKD, semua peserta taat protokol kesehatan, termasuk ketika mengikuti tes di dalam ruangan, per ruangan hahya diisi 50 persen dari kapasitas atau hanya 25 orang.

“Jadi pelaksanaan tes CPNSD berjalan dengan baik dan tidak ada klaster atau peserta yang terpapar covid-19. Para peserta juga datang dengan membawa hasil rapid antigen negatif, sehingga benar-benar steril,” katanya.

Sekretaris BKPPD Heny Lukas mengingatkan peserta agar kembali melihat persyaratan administrasi yang perlu disiapkan untuk mengikuti tes SKB .

Selain itu, Lukas mengimbau agar peserta melakukan persiapan menghadapi SKB dengan memperdalam pengetahuan mengenai jabatan yang dilamar dan mencari tahu mengenai kompetensi teknis dari jabatan yang akan dilamar.

“Sebab materi SKB yang akan diujikan dipastikan sesuai dengan bidang jabatan,” katanya. (YM)