Perbaiki Bronjong Maslete, Kejari TTU Akan Periksa Mutu Setelah Rampung

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Timor Tengah Utara (TTU) memberikan kesempatan kepada PPK dan rekanan CV Tapak Saron untuk memperbaiki bronjong Kali Maslete yang terletak di RT 044, RW 001, Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu.

Berita terkait : Baru Setahun Dibangun, Bronjong Kali Maslete Sudah Dua Kali Ambruk

Pihak Kejari TTU akan kembali memeriksa kondisi dan mutu bronjong tersebut setelah proses perbaikan rampung dikerjakan. Kejari TTU telah berkomitmen menerapkan pola penegakan hukum yang mengutamakan aspek kemanfaatan bagi masyarakat.

Hal itu disampaikan Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) TTU, Roberth Jimmy Lambila, kepada media ini, Kamis (03/06/2021) di Kefamenanu.

Roberth mengatakan hingga saat ini, PPK bersama rekanan CV Tapak Saron tengah memperbaiki bronjong Kali Maslete yang roboh pada bulan Maret 2021 lalu. Langkah yang diambil oleh pihak PPK dan rekanan menunjukkan adanya niat baik untuk melakukan perbaikan. Pihaknya memberikan kesempatan kepada PPK dan rekanan untuk merampungkan perbaikan yang tengah dilaksanakan itu.

Pihak Kejari TTU akan kembali memeriksa kondisi dan mutu bronjong tersebut setelah proses perbaikan rampung dikerjakan. Dengan demikian, sarana-sarana yang mengalami kerusakan dapat kembali pulih dan bermanfaat bagi masyarakat.

Menurut Roberth, yang paling utama dalam penegakan hukum bukanlah berapa orang yang masuk penjara, melainkan bagaimana bisa memulihkan kerugian negara dan memulihkan sarana-sarana yang rusak untuk dapat dimanfaatkan dengan baik bagi kepentingan masyarakat.

“Sampai dengan sekarang, saya lihat di lapangan, teman-teman PPK dan rekanan sementara memperbaiki. Artinya, mereka mempunyai niat baik memperbaiki Bronjong yang rusak untuk kepentingan masyarakat dan kepentingan umum. Kita biarkan mereka untuk menyelesaikan. Setelah selesai, tentu kita akan memeriksa kembali,”jelasnya.

Ia menambahkan, penegakan hukum yang diterapkan pihaknya di Kejari TTU ini adalah penegakan hukum yang mengutamakan aspek kemanfaatan bagi masyarakat.

“Bayangkan, bronjong itu kalau dibiarkan dan rusak karena orangnya masuk penjara dan perbaikannya kita tunggu anggaran berikut, pasti masyarakat dirugikan. Jika tiba musim penghujan dan banjir datang, tentu keselamatan masyarakat di sekitar Kali Maslete terancam,”pungkasnya.

Baca Juga : Pemeriksaan Fisik Bronjong Kali Maslete, Ada Indikasi Penyimpangan. Kajari TTU Segera Terbitkan Sprint Penyelidikan

Untuk diketahui, bronjong Kali Maslete yang terletak di RT 044, RW 001, Kelurahan Tubuhue, Kecamatan Kota Kefamenanu roboh. Bronjong yang dikerjakan tahun 2019 itu sempat mengalami kerusakan pada tahun 2020 dan diperbaiki. Namun, bronjong tersebut kemudian kembali roboh sekitar 20 meter. Robohnya bronjong tersebut membuat warga di bantaran Kali Maslete resah lantaran pemukiman mereka terancam diterjang banjir seperti sebelum dibangunnya bronjong penahan tersebut.