Jalur Simpang Lima Bakal Dipasang Kamera Pengintai Tilang Elektronik

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Tidak menutup kemungkinan Tilang elektonik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bakal diberlakukan di Kabupaten Belu wilayah Timor Barat perbatasan RI-RDTL.

Menurut Kapolres Belu, AKBP Khairul Saleh melalui Kasat Lantas, AKP Ruliyanto Junaedi Putra Pahroen, nantinya pusat pemasangan camera pengintai tilang elektronik di bundaran garuda simpang lima Atambua.

“Lokasi pemasang camera pengintai hanya satu titik yakni di simpang lima Atambua,” ujar dia saat dihubungi media, Rabu (26/5/2021).

Akui dia, sampai saat ini Polres Belu masih menerapkan tilang manual atau tilang ditempat. Tilang elektronik belum diterapkan di daerah Belu karena fasilitasnya belum ada sehingga belum terpasang.

“Fasilitasnya disediakan Mabes Polri, tinggal Polres siap melaksanakan di tingkat Kabupaten,” ujar Rully.

Lanjut dia, lokasi yang bakal dipasang camera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) hanya terpusat di simpang lima Atambua.

Kita belum tahu kapan diberlakukan, apalagi fasilitasnya sudah ada. Nanti akan dipasang di satu titik saja di lokasi simpang lima Atambua,” terang Rully.

Lanjut Rully, penerapan tilang elektronik memang baik namun tetap memperhatikan aspek keamanan fasilitas sehingga tidak semua lokasi dipasang camera CCTV.

Tanbah dia, aspek keamanan ini menjadi perhatian karena alat yang dipasang tersebut tergolong canggih dan mahal.

“Kalau ada pengguna kendaraan yang melanggar lalu lintas di simpang lima, nanti akan dikirim surat tilang ke rumah dan bayar dendanya di bank yang telah ditentukan,” tutup Rully.