Cegah DBD, DPRD Kota Kupang Lakukan Fogging Gratis Bagi Warga Naikoten I

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Penuhi permintaan warga, anggota DPRD Kota Kupang, Richard Odja lakukan fogging (pemgasapan) ke rumah warga secara gratis.

Aksi tersebut dilakukan politisi Gerindra bersama team relawan dengan nama R2 (Relawan Richard) dengan dibantu team dari Dinkes pada Sabtu (26/3) di wilayah RT 05, RT 06, RT 10, RT 12 dan RT 13 Kelurahan Naikoten I.

Dikatakan Richatd Odja, pelaksanaan fogging ini karena permintaan dari warga dan Ketua RT, sebab ada beberapa warga yang punya gejala DBD.

“Fogging bukan membunuh jentik nyamuk, tapi membunuh nyamuk dewasa, namun harus dilakukan jika tidak maka terkesan kita membiarkan kasus DBD akan semakin tinggi,” kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kota Kupang tersebut.

Apa lagi, kata Richard pemerintah dalam hal imi Dinkes memiliki semangat dalam pencegahan DBD.Maka dari itu sebagai perpanjang tangan masyarakat membantu memfasilitasi dengan berkoordinasi bersama Dinkes melakukan fogging di wilayah Naikoten I.

“Upaya yang dilakukan ini adalah bagian dari pencegahan kasus DBD di wilayah Kota Kupang,” ujar Richard.

Selain Foging, lanjutnya dirinya juga mengimbau warga guna tetap menjaga kebersihan lingkungan melalui gerakan 3 M. Dan juga sebagai wakil rakyat Dapil Kota Raja juga mengajak masyarakat untuk dapat memgambil abate secara gratis di Puskesmas, sebab pemerintah kota telah pengadaan 1,5 ton abate.

“Hal ini harus diketahui masyarakat, sehingga sebagai perpanjang tangan dari masyarakat mengsosialisasikan hal guna masyarakat bisa mengambil di Puskesmas,” kata Richard.

Richard menambahkan, selain bahaya Covid-19, bahaya DBD ini juga perlu mendapat perhatian, sehingga melalui semangat bersama yang ada baik itu pemerintah dan dewan maka dapat disenergi untuk melakukan pencegahan secara dini mungkin kasus DBD di kota ini.

“Memang secara data Dinkes secara grafik kasus DBD menurun, namun tentunya perlu dilakukan pencegahan guna tidak terjadi kenaikan lebih tinggi yang mengakibatkan terjadinya KLB,” katanya.

Sementara itu Ketua RT 06, Frengki Telupere memyampaikan terima kasih kepada pemerintah dan kepada wakil rakyat yang telah membantu guna memenuhi akan permintaan warga.

“Kamis sangat berterimah kasih atas pelaksanaan fogging yang telah dilakukan, namun tentunya dalam pelaksanaan tidak secara menyeluruh,” katanya.

Oleh karena itu, tambahnya pelaksanaan fogging nantinya kedepan dapat dilakukan di semua titik yang ada di Kelurahan Naikoten I, sebab masih ada titik diwilayah ini yang rawan DBD.(*)