KPU Gelar Rakor Tahapan Lanjutan Pencalonan Pemilihan Bupati-Wabup Belu 2020

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Belu menggelar rapat koordinasi tahapan pencalonan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Belu periode 2020-2024 bertempat di Aula Susteran SSPS-SMKK Atambua, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-RDTL, Rabu (19/8/2020).

Rakor lanjutan tersebut dihadiri, perwakilan Disdukcapil Belu, perwakilan Kesbangpol Belu, Danramil 1605-01/Atambua, Kabag Ops Polres Belu, perwakilan Kasatpol PP Belu, perwakilan Dinas Kominfo Belu, Ketua dan perwakilan Parpol serta Bawaslu Belu.

Menurut Ketua KPU Belu Mikhael Nahak, kegiatan hari ini merupakan tindak lanjut dari sosialisasi pencalonan beberapa waktu lalu dalam rangka memberikan informasi lengkap dan utuh khususnya kepada pihak partai politik yang merupakan ujung tombak untuk mengusung pasangan calon.

“Inti kegiatan hari adalah bagaimana kami memberikan secara utuh syarat pencalonan maupun syarat calon yang harus dilengkapi oleh pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Belu,” terang Nahak.

Dituturkan bahwa, dalam rakor ini diterangkan beberapa hal penting yang harus segera diperhatikan oleh partai politik.

Hal pertama, dalam waktu dekat segera memastikan bahwa pengusungan bakal pasangan calon kursinya terpenuhi dari asas legalitas. “SK kepengurusan itu harus linear dari tingkat pusat sampai tingkat kabupaten termasuk yang nanti mendaftarkan,” ujar Nahak.



Kedua, memastikan kepengurusan di tingkat kabupaten itu sampai hari ini tidak ada yang berubah karena tentunya pihak KPU Belu akan berurusan dengan pihak partai politik di tingkat kabupaten dalam beberapa proses selanjutnya.

Ketiga, mempersiapkan untuk tahapan kampanye karena dalam kampanye ada ragam stermasuk debat dan lain sebagainya.

Nahak berharap, partai politik telah memberikan gambaran tentang seluruh tahapan pelaksanaan pemilihan 9 Desember baik tahapan sekarang, pemuktahiran data pemilu, pencalonan dan kampanye.

“Harapan kita, teman-teman telah dapat gambaran untuk mempersiapkan syarat pencalonan, syarat calon untuk dipenuhi, dan tim kampanyenya,” sebut dia.

Ditambahkan, dalam waktu dekat KPU Belu akan menggelar pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan Kupang. Pihaknya hanya memfasilitasi biaya pemeriksaannya.

“Sedangkan untuk akomodasi dan transportasi menjadi tanggung jawab pasangan calon, dan kita harap ini juga sudah disiapkan,” kata Nahak kepada media usai rakor.