Gunakan Uang Pribadi, Seorang Anggota Kodim 1618/TTU Bangun Rumah Permanen Bagi Warga Tak Mampu

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Dua puluh tahun tinggal bersama keluarga di rumah bulat (ume bubu) yang sudah tidak layak huni, akhirnya Hendrikus Kaet sekeluarga bisa menikmati rumah permanen, rumah layak huni yang dibangun seorang anggota TNI menggunakan uang pribadinya.

Hendrikus Kaet yang ditemui di Oelinaat RT 032 RW 006 kelurahan Maubeli Kecamatan Kota Kefamenanu, pada Sabtu (25/04) mengungkapkan rasa terimakasihnya yang tak terhingga atas kejutan tak terduga yang didapatnya bersama keluarga di bulan ke empat tahun 2020.

“Saya kaget sekali, sangat terharu sampai tidak tau mau bicara apa. Masalahnya, saya tidak pernah mengenal pak tentara itu, bukan hanya rumah permanen yang dibangun untuk kami. Setelah rumah dibangunpun, bapak itu dan istrinya rajin menemui kami membawa sembako dan kebutuhan lainnya. Ini berkat besar bagi kami di tahun ini,” ungkap Hendirkus Kaet dengan mata berkaca – kaca.

Hendrikus Kaet yang kesehariannya bekerja sebagai tukang batu, sebelumnya hidup di dalam rumah bulat (dawan : Ume bubu) selama 20 tahun bersama istrinya dan empat orang anaknya. Segala aktifitas berlangsung di sana, mulai dari memasak, kegiatan belajar anak – anak, hingga tidur malam.

Kepada NTTOnlinenow.com Hendrikus Kaet mengisahkan awal mula ia mendapat bantuan satu unit rumah permanen.

“Saya kaget saat suatu hari di bulan Februari, saya didatangi seorang staf TNI dari Kodim 1618/TTU bernama bapak Emanuel Meol. Saya diminta untuk segera menghadap ke kantor Kodim. Sayapun ke Kodim dan di sana saya harus menghadap lagi seorang pak tentara di dalam satu ruangan.

Hendrikus Kaet (tengah) didampingi Ketua RT dan seorang warga, di depan Rumah bantuan yang ditempati sekarang.

Pak tentara yang saya temui itu tidak banyak bicara, dia hanya menyampaikan kepada saya untuk bersiap – siap menerima bantuan rumah. Setelah itu saya pulang menyampaikan ke keluarga dan tidak lama kemudian material untuk pembangunan rumah sudah ada. Kami mulai membangun fondasi dibantu warga pada tanggal 16 Maret 2020 dan selesai di minggu kedua bulan April ini. Jumat lalu (17/04/2020) sudah berlangsung penyerahan kunci rumah ini oleh bapak Dandim 1618/TTU”, kisah Hendrikus.

Sementara Agustinus Elu B, Ketua RT 032 yang mendampingi Hendrikus Kaet mengatakan kegiatan itu mendapat tanggapan positif dari warga sekitar.
“Kegiatan ini ditanggapi positif dari warga sekitar yang turut berpartisipasi membantu meringankan beban warganya”, singkat Elu kepada NTTOnlinenow.com Sabtu (25/04/2020).

Sedangkan, anggota Kodim 1618/TTU, pemberi bantuan 1 unit rumah permanen bagi warga tak mampu, yang berusaha ditemui wartawan enggan bersuara banyak. Kepada media ini ia hanya menyampaikan kesulitan hidup sesama merupakan tanggungjawab bersama.

“Kesulitan orang – orang tak mampu di sekitar kita menjadi tanggungjawab kita bersama. Ini amal saya, semoga bermanfaat bagi sesama”, singkat anggota Kodim tanpa mau menyebutkan berapa biaya yang dihabiskan membangun 1 unit rumah permanen berukuran 5 × 7 meter itu.

Amal anggota Kodim 1618/TTU yang enggan disebutkan namanya, akhirnya diketahui pimpinannya. Penyerahan rumah bantuanpun berlangsung oleh Dandim 1618/TTU, Letkol. Arm. Roni Junaidi, S. Sos. Mengapresiasi tindakan anggotanya, Dandim Roni Junaidi turut mendukung dengan menyumbangkan sembako bagi Hendrikus Kaet sekeluarga.

Usai penyerahan rumah bantuan tersebut, Dandim Roni Junaidi mengatakan terlaksananya kegiatan tersebut menunjukan bentuk sinergitas antara TNI dan rakyat.
“Inilah bentuk sinergitas TNI dan rakyat. Di sini jelas bahwa kehadiran TNI bukan saja menjaga kedaulatan bangsa, tetapi bisa memberikan manfaat bagi warga setempat. Kegiatan ini juga menambah solidaritas dan kepedulian warga terhadap sesama”, jelas Dandim Roni Junaidi.

Ia berharap, melalui kegiatan tersebut dapat makin mempererat tali silaturahmi warga dan TNI.
“Harapannya, kegiatan ini semakin mempererat tali silaturahmi, kebersamaan dan kedekatan antara TNI dan warga yang sudah terjalin selama ini”, tutupnya.