Stok dan Harga Sembako Jelang Hari Raya Natal Terpantau Stabil

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro S. Marthin
Ruteng, NTTOnlinenow.com-Stok dan harga Sembilan Bahan Pokok (Sembako) jelang Hari Raya Natal 25 Desember dan Tahun Baru 2020 untuk kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, sementara masih terpantau aman dan stabil.

Untuk memastikan stok dan harga Sembako tersebut, Pemerintah Kabupaten Manggarai melalui pihak terkait dalam hal ini dinas Perdagangan setempat rutin melakukan kontrol harga di pasaran.

Hal itu disampaikan, Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Manggarai, Venansius Burhan, kepada Wartawan, Rabu (11/12) di Ruteng.

“Harga dan stok Sembako kita jelang hari raya Natal dan Tahun Baru, masih terpantau aman dan stabil. Setiap hari, Kita melakukan kontrol harga di pasaran, seperti telur, beras, ayam pedaging, minyak goreng,” ungkap Kadis Venansius.

Untuk telur dan ayam pedaging, lanjut Dia, sedikit terbantu dengan produksi telur lokal yang ada di Mena-Ruteng. Kualitasnya lebih baik dari pada telur impor, karena dari segi produksinya mudah dijangkau dan penyimpanannya pun tidak terlalu lama. Hanya saja, harganya sedikit kompetitif dengan telur impor dari luar daerah.

Demikian pula ayam pedanging, yaitu terbantu dengan produksi ayam pedaging local milik masyarakat, baik usaha pribadi maupun kelompok.

Sedangkan, terkait dengan harga, jika dibandingkan dengan harga Sembako jelang hari raya pada tahun sebelumnya, kali ini agak berbeda, yaitu terbilang relatif stabil.

Menurutnya, hal itu dikarenakan bersamaan dengan musim panen kali ini.