Warga Desa Fohoeka Dusun Fatubesi Perbatasan Belu-Timor Leste Nikmati Air Bersih Program TMMD

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Program TMMD ke-106 tahun 2019 di Desa Fohoeka, Kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu wilayah Kodim 1605/Belu menjawab keluhan warga yang selama ini kesulitan mendapatkan air bersih untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kegiatan program TNI berdampak pada warga masyarakat di dua dusun dimana warga dengan mudah mendapatkan air setelah dibangun bak penampung air dan jaringan perpipaan yang dilengkapi penyangga pipa atau dudukan kran terpasang di depan rumah warga dalam dusun.

Bagi warga setempat keberadaan program TNI nyata bagi mereka dalam mengatasi kesulitan maupun hambatan selama ini untuk memperoleh air bersih guna memenuhi kebutuhan hidup warga.

“Terimakasih pak Tentara atas bantuannya. Sekarang kami sudah bisa dapat air dengan mudah,” ujar Herman bersama warga kepada media, Rabu (30/10/2019).

Menurut dia, warga dua dusun sangat bangga dengan kepedulian TNI melalui program TMMD. Warga tidak perlu lagi berjalan jauh karena telah dibangun bak air dan jaringan pipa yang dilengkapi dudukan kran air oleh prajurit TNI Kodim Belu.

“Terimaksih juga untuk pembukaan jalan yang sudah selesai dikerjakan. Warga dari dusun Fatubesi mudah untuk bepergian sebaliknya warga di dusun Fatuleno tidak lagi jalan memutar jauh,” sebut Herman yang juga Kepala Dusun di Fatubesi B.

Sementara itu, sesuai informasi yang dihimpun untuk progres TMMD tanggal 30 Oktober 2019, pada kegiatan fisik sasaran satu pembukaan jalan sepanjang 2.230 m lebar 6 m telah selesai pengerasan 100 persen.

Untuk sasaran dua, pembuatan bak penampungan air dan pipanisasi 2000 m serta pembuatan dudukan kran air dan pemasangan pipa 100 persen telah selesai dikerjakan.

Sedangkan pada kegiatan non fisik TMMD kegiatan penyuluhan seperti penyuluhan bela negara, Wasbang, bidang pertanian, peternakan, kamtibmas, Narkoba, BPJS, Kehutanan dan Lingkungan hidup serta HIV/AIDS capai hasil 100 persen.

Untuk diketahui, upacara penutupan TMMD ke-106 tahun 2019 akan dilaksanakan Kamis (31/10) besok pukul 10.00 Wita bertempat dilapangan Fohoeka, Kecamatan Nanaet Duabeai.