Dispendukcapil Usulkan Penambahan Empat Alat Pencetakan E-KTP

Bagikan Artikel ini

Kupang, NTTOnlinenow.com – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Kupang siap mengusulkan tambahan empat alat pencetakan E-KTP pada masa sidang anggaran perubahan tahun 2109. Usulan penambahan alat pencetakan E-KTP Karena alat yang ada saat ini belum cukup untuk memaksilkan pelayanan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dispendukcapil Kota Kupang, Agus Ririmase mengatakan, ada enam alat pencetakan di Dinas Dukcapil, ketersediaan alat tentu harus dtimbah. Satu unit alat pencetakan KTP-E, harganya mencapai Rp 250 juta, dan pihaknya akan mengusulkan tambahan empat alat dengan total anggaran sebesar Rp 1 miliar.

Selain itu, kata Ririmase, dirinya juga berencana untuk mengusulkan satu unit mobil pelayanan keliling. Mobil akan melayani masyarakat pinggiran kota misalnya di Kelurahan Naioni, Manulai, Fatukoa dan lainnya.

“Rencananya mobil ini akan digunakan untuk melayani masyarakat pinggiran kota, jadi mobil ini bisa diparkir di kantor kelurahan atau puskesmas lalu masyarakat sekitar ramai-ramai datang untuk dilayani, mobil ini harus dilengkapi dengan alat perekaman dan langsung pencetakan, agar masyarakat bisa langsung mengambilnya,” ujarnya.

Ririmase melanjutkan, tujuan dari pengadaan mobil ini adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Seperti yang diketahui, bahwa masih banyak daerah pinggiran yang bukan merupakan jalur angkutan umun, tentunya sangat sulit bagi masyarakat untuk mengakses dan mengurus berbagai administrasi kependudukannya, dengan jaraknya yang jauh.

Selain itu, mobil ini juga ini juga dapat digunakan untuk pelayanan adminduk secara mobile pada tempat-tempat dan masyarakat sering berkumpul dalam jumlah yang cukup besar.