Polres Belu Gelar Apel Pengamanan Pilgub NTT

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kepolisian Resor (Polres) Belu menggelar apel pengamanan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

Apel pengecekan personel dipimpin langsung Kabag Ops Polres Belu, AKP Apolinario Dasilva yang berlangsung di halaman Mapolres Belu, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste, Sabtu (23/6/2018).

Kapolres Belu, AKBP Christian Tobing dalam arahan kepada Pamen dan anggota Polres usai apel mengatakan, pelaksanaan apel hari ini untuk melakukan pengecekan personel dalam rangka pengamanan Pilgub NTT.

“Hari ini kita cek personel, siapa tahu ada yang sakit atau berhalangan bisa diganti. Besok baru kita lakukan pelepasan bersama personel dari Malaka dan Linmas,” ujar dia.

Dituturkan, dalam pengamanan Pilkada NTT Polres Belu mengerahkan 660 personel diantaranya, 397 personel ditempatkan di TPS sisanya pengamanan lain dan patroli di Belu dan Malaka.

“Pengecekan hari ini diberitahukan agar besok giat serpa tidak ada lagi kekurangan. Karena itu yang belum hadir kalau bisa hari ini fiks,” tandas Tobing.

Lanjut dia, dalam suatu kegiatan apapun yang kita lakukan pengawasan dan pengendalian harus betul diterapkan dan dijabarkan oleh Perwira pemantau wilayah.

“Cek bagaimana personel, SOP, perlengkapan sarana prasarana dan terkait dengan kegiatan harus ada orang, uang, sarana prasaramlna dan metode. Pengecekan hari ini masih ada yang kurang, karena itu harus di cek,” ingat dia.

Tambah Tobing, personel anggota harus siaga dalam pengamanan, harus tahu, paham tugas dan tanggung jawab. Harus mengetahui siapa berbuat apa. Nanti pada saat pelaksanan pengamanan akan dimulai Pam di KPU selanjutnya pergeseran ke wilayah pengamanan masing-masing.

Ditegaskan, masing-masing anggota harus tahu tugas saat pergeseran dari KPU. Saya minta anggota pengamanan di TPS sudah harus tahu dan paham saat mulai dari KPU.

“H-1 harus lakukan survei untuk mengenal wilayah juga petugas keamanan lain dan petugas TPS. Harap pengamanan proses Pilkada berjalan aman, lancar dan damai,” pungkas Tobing.

Untuk diketahui, usai apel pengecekan pengamanan personel dan pengarahan Kapolres Tobing dilanjutkan dengan patroli bersama personel di beberapa titik seperti Kantor KPU, Panwaslu, Pokso-posko kemenangan serta titik rawan guna cipta kondisi.