Lomba Mancing Sekaligus Promosi Pantai Utara

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Festival pantai utara lomba memancing seri 2 Bupati Belu dan lomba kuliner bahari resmi dibuka Bupati Belu Willybrodus Lay yang berlokasi di TPI, Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Jumat (22/6/2018).

Pembukaan festival dalam rangka promosi pantai utara dan kuliner lokal Belu ditandai dengan penekanan sirene oleh Bupati Lay didampingi beberapa pejabat dan tamu undangan.

Menurut Lay, kegiatan festival bertujuan mendukung Atambua Kota Festival yang telah dicanangkan Bupati Belu dan sebagai pemanasan menuju FestivaI Fulan Fehan 2018 sebagai salah satu dari 4 Top Event Nasional di Nusa Tenggaran Timur.

Selain itu mempromosikan potensi bahari Kabupaten Belu kepada masyarakat luas sebagai salah satu Daya Tarik Wisata di Indonesia serta meningkatkan ekonomi kreatif khusus bagi masyarakat pesisir di daerah Belu. Sasaran lomba pecinta kuliner dan macing mania serta masyarakat umum di Belu dan sekitarnya.

Dijelaskan, lomba memancing seri ke 2 Bupati Belu Tahun 2018 dilaksanakan Jumat 22 Juni, sementara lomba kuliner bahari dilakasanakan hari Sabtu tanggal 23 Juni besok di lokasi yang sama yakni di TPI Desa Jenilu.

Masih menurut dia, tahun ini ada dua even yang telah dilakukan. Kali pertama yang kita lalukan peserta dari luar belum banyak. Even ini harus menjadi satu turnamen bergengsi, karena itu kedepan harus lebih banyak lagi peserta dari luar daerah dan negara tetangga.

“Rencana tahun depan harus go internasional. Turnamnen ini haru jadi satu turnamen bergengsi,” pinta Lay.

Untuk diketahui festival pantai utara memancing yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Belu serta Dinas Perikanan Belu terbagi dalam tiga kategori yakni, pancing profesional, tradisional dan kelas pantai.

Peserta memancing seri ke 2 Bupati Belu diikuti sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari dalam wilayah Belu, juga Kabupaten tetangga dari Kupang wilayah Timor Barat perbatasan Indonesia-Timor Leste. Untuk juara mancing dan kuliner akan diumumkan pada Sabtu besok.