Total 91 SMP dan MTs di Mabar Jalani UN

Bagikan Artikel ini

Laporan Alvaro Saputra Marthin
Labuan Bajo, NTTOnlinenow.com – Total 91 (sembilan puluh satu) lembaga pendidikan Sekolah Mengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) atau sebanyak 6052 siswa-siswi, baik SMP maupun MTs Se Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Flores/ Nusa Tenggara Timur (NTT) menjalani Ujian Nasional (UN) tahun ini.

Demikian, Kasi Peningkatan Mutu SMP dan MTs pada dinas Pendidikan dan Kebudayaan (PK) Mabar, Adrianus Abut, S.Pd, kepada Wartawan, Rabu (25/4) di Labuan Bajo.

Dari total tersebut, baru 1 (satu) sekolah diantaranya yang menjalani UNBK, yaitu MTs Negeri Manggarai Barat di Nangalili, kecamatan Lembor Selatan, sedangkan 90 (sembilan puluh) sekolah lainnya masih menggunakan Ujian Nasional berbasis Kertas dan Pensil (UNKP), lanjutnya.

UNBK di sekolah ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan. Prosesnya berjalan aman dan lancar, kata Abut.

UNBK ini, kata dia, lebih praktis, lebih mudah dari segi pengawasannya, hemat biaya dan juga hemat kertas.

Sedangkan terkait dengan puluhan sekolah lainnya yang masih menggunakan UNKP, pasalnya dikarenakan ketiadaan fasilitas, seperti computer, jaringan listrik dan internet yang belum memadai.

“Kita kendala pada fasilitas. Server dan komputer tidak ada. Ditambah lagi dengan jaringan internet yang belum sepenuhnya terjangkau, seperti dipelosok-pelosok kecamatan di Mabar,” jelasnya.

Namun diharapkannya, kedepanya semua sekolah sudah bisa melakasanakan UNBK.

“Kita terus mendorong semua sekolah-sekolah yang ada. Terlebih sekolah-sekolah yang terjangkau listrik dan jaringan internet bagus nantinya agar bisa melaksanakan UNBK,” tutupnya.