Walikota Jefri Riwu Kore Ajak Siswa Tingkatkan Minat Membaca

Bagikan Artikel ini

Laporan Nyongki Mauleti
Kupang, NTTOnlinenow.com – Wali Kota Kupang, Jefri Riwu Kore mengajak para siswa dan masyarakat untuk terus meningkatkan budaya membaca agar mendapat banyak pengetahuan dan wawasan pun bertambah luas.

Ajakan ini disampaikan Jefri saat memberikan sambutan pada acara Kegiatan Pameran Buku, dalam menyambut HUT Kota Kupang ke 22, di Halaman Balai Kota, Senin, (23/4/2018).

Dikatakan Jefri, dengan membaca, Generasi muda akan bisa maju dan bersaing ditengah derasnya arus modern.

“Semoga dengan pameran buku ini, dapat meningkatkan minat baca pada anak-anak dari pendidikan SD, SMP dan SLTA juga seluruh masyarakat Kota Kupang,” kata Jefri.

“Karena zaman sekarang sudah lebih maju dan modern, maka kita harus mempersiapkan diri untuk bisa bersaing, salah satunya dengan rajin membaca,” ujar Jefri.

Sementara, Ketua Panitia, Jhony W.Z Boimau mengatakan, kegiatan pameran buku itu memiliki manfaat dan arti penting dalam meningkatkan minat baca masyarakat.

“Juga sebagai sarana pengenalan buku-buku baru dan penyebarluasan informasi dan pengetahuan tentang perkembangan dunia perbukuan,” katanya.

Dikatakan Jhony, kegiatan yang dilaksanakan tersebut sejalan dengan amanat Undang-undang nomor 43 tahun 2007 tentang perpustakaan.

“Dimana perpustakaan dibentuk dengan tujuan untuk meningkatkan kecerdasan kehidupan bangsa melalui peningkatan dan perdayagunaan perpustakaan sebagai sumber informasi berupa karya tulis, cetak dan karya rekam,” ujarnya

Dikatakan Jhony, ntuk menjamin terlaksananya budaya membaca ini, tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, namun harus menjadi tanggung jawab bersama.

Untyk di ketahui, Dalam kegiatan ini, ada 2 kategori lomba yang akan ke tingkat provinsi dan nasional yakni, kegiatan lomba bercerita anak bagi siswa/siswi SD yang dikuti 60 peserta, masing-masing akan membawa cerita rakyat NTT yang berjudul “Mone He Beka” (cerita rakyat dari Kabupaten Sabu Raijua),” ujar Jhony.

Sementara itu lomba berpidato bagi siswa atau siswi SLTA yang berjumlah 20 peserta dengan topik “Menumbuhkembangkan kegemaran membaca dan kecintaan terhadap budaya lokal dalam upaya membangun karakter, kecerdasan dan inovasi generasi muda NTT.