Cegah Banjir Benenain, Pemkab Malaka Bangun Tanggul

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Guna mencegah banjir di wilayah Dusun Deroklaran, Desa Motaain Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka membangun tanggul penahan banjir di sungai Benenain.

Pembangunan tanggul penahan dimaksud guna menahan luapan air sungai Benenain saat banjir di musim penghujan.

“Pemerintah siap bangun tanggul penahan banjir di kali Benanain,” ujar Bupati Malaka, Stefanus Bria Seran saat memantau lokasi banjir di Desa Motaain, Sabtu (3/3/2018) kemarin.

Stefanus menjelaskan, dari pantauan di lokasi banjir yang terendam air luapas sungai Bebenain,Pemerintah langsung melakukan penanganan darurat yakni dengan membangun tanggul sepanjang 500 meter di pinggiran sungai.

“Untuk penanganan jangka panjangnya normalisasi kali. Selain itu pengerukan kali supaya mengurangi luapan air saat banjir,” kata dia.

Turut mendampingi Bupati Stefanus saat meninjau lokasi banjir hingga ke bantaran sungai Benenain itu Kadis PU Malaka, Kepala BPBD, Camat Malaka Barat, Anggota TNI, Kepala Desa Motaain, rombongan Bupati serta warga setempat.

Untuk diketahui, pada Kamis tanggal 2 kemarin banjir luapan sungai merendam empat (4) Desa di Kabupaten Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan Indonesia dan Timor Leste yakni, Desa Motaain, Naimana, Keseleon dan Motaulun.