Pilgub NTT, Koramil 07/Wedomu Sosialisasikan Netralitas TNI

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Jelang Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018 mendatang, Koramil 1605-07/Wedomu menggelar sosialisasi tentang netralitas TNI dalam menghadapi pesta Demokrasi 27 Juni yang akan datang.

Sosialisasi netralitas TNI bagi jajaran anggota Koramil 07/Wedomu dibawakan langsung Danramil Kapten Inf Alexander Bessie pekan lalu yang dikemas bersamaan dengan kegiatan karya bhakti pembersihan di lingkungan Gereja bersama aparat Polsek setempat.

Kepada NTTOnlinenow.com Kapten Alex menjelaskan, Rabu (21/2/2018) menuturkan, sosialisasi netralitas untuk memberikan pemahaman bagi anggota tentang posisi sebagai anggota TNI.

Sebagaimana yang ditekankan oleh Pimpinan bahwa, seluruh anggota TNI harus bersikap netral, tidak boleh memihak kepada siapapun atau pihak manapun baik dalam pelaksanaan Pemilu maupun Pemilukada.

“Kepada setiap masing-masing anggota harus tahu bagaimana bersikap netral. Oleh karena itu harus di sosialisasikan aturan-aturan atau ketentuan-ketentuan yang harus menjadi pedoman bagi setiap anggota,” ujar dia.

Sementara itu jelas Alex, terkait kegiatan pembersihan gereja Santo Paulus Wedomu Koramil bersama Polsek bertujuan untuk mewujudkan sinergitas TNI-Polri dalam kepedulian terhadap kebersihan lingkungan. Selain itu juga tingkatkan hubungan kerjasama dua instansi di daerah perbatasan.

Sebelumnya Dandim Belu, Letkol Czi I Gusti Putu Dwika kepada media mengatakan, Kodim 1605/Belu siap mendukung Polres Belu dalam rangka pengamanan Pemilukada Gubernur dan Wakil Gubernur NTT 2018 mendatang di Kabupaten Belu dan Malaka, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste.

Dituturkan, terkait dukungan pengamanan tersebut Kodim Belu mengerahkan sebanyak 270 personel dalam rangka mensukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur di dua Kabupaten.

“Kita dukung Pilgub, walaupun banyak dinamika kita inginkan semoga Pilgub di wilayah Belu dan Malaka berjalan sukses, aman dan lancar,” pinta Gusti.