Sambut HUT ke-57 Korem 161, Kodim Belu Tanam Pohon Bakau

Bagikan Artikel ini

Laporan Yansen Bau
Atambua, NTTOnlinenow.com – Kodim 1605/Belu melalui Koramil 02/Atapupu melaksanakan kegiatan penghijauan berupa penanaman anakan pohon bakau di Desa Jenilu, Kecamatan Kakuluk Mesak, Kabupaten Belu, Timor Barat wilayah perbatasan RI-Timor Leste, Selasa (20/2/2018).

Aksi penghijauan tersebut terpusat di sepanjang pesisir pantai Raikatar Desa Jenilu persisnya belakang Pos Angkatan Laut Atapupu itu dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 Korem 161/Wirasakti Kupang.

Kegiatan penanaman anakan bakau dipimpin langsung Danramil 1605-02/Atapupu Mayor Inf. Ery Ninu melibatkan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pelajar, pramuka dari SMPN Tasbar Lakafehan.

“Kegiatan penghijauan ini sengaja melibatkan anak-anak pelajar pramuka karna kedepannya mereka sebagai ujung tombak negara dan bangsa,” ujar Mayor Ninu.

Dijelaskan, ada 200 anakan pohon bakau yang ditanam. Maksud dari aksi itu untuk mencegah terjadinya abrasi laut, karena Pemerintah sekarang sangat peduli dengan lingkungan khususnya abrasi laut.

“Kurang lebih ada sekitar 200 anakan bakau yang ditanan dari target 5000 anakan. Namun sisa anakan saat ini sementara masih dalam proses pembibitan,” ujar Danramil 02 Atapupu itu.

Diharapkan, kedepan di pertengahan bulan Maret bisa dilanjutkan lagi kegiatan serupa yakni penanaman anakan bakau yang rencananya akam ditanam di sepanjang garis pantai Atapupu.

Sementara itu, Yulianus Marianus Geme selaku Guru Pembina Kesiswaan SMPN Tasbar Lakafehan menyampaikan limpah terimakasih kepada pihak TNI dalam hal ini Koramil Atapupu yang melibatkan para siswa sekolah untuk aktif dalam kegiatan penghijauan.

“Kegiatan ini secara tidak langsung mengajak mereka untuk lebih peduli lagi terhadap lingkungan,” kata dia.

Lanjut Geme, kegiatan ini sangat bagus, karena ada salah satu program dari sekolah dengan kurikulum baru dengan mata pelajaran prakarya artinya dengan mengajar anak didik untuk mau berkarya di bidang pertanian dan musik.

“Denga adanya kegiatan ini mereka (para siswa_red) dapat mengambil point penting untuk mereka berkarya dalam peduli dengan lingkungan disekitarnya,” pungkas dia.