Ribuan Belalang Kembara Duduki Bandara Umbu Mehang Kunda Waingapu

Bagikan Artikel ini

Laporan Mohammad Habubudin
Waingapu, NTTOnlinenow.com – Setelah beberapa bulan terakhir belalang kembara yang dikenal dengan Locusta Migratoria hilang dari peredarannya di Sumba Timur, kini Sabtu (10/6/2017) sekitar pukul 12.00 Wita kembali muncul di Sumba Timur tepatnya di Bandara Umbu Mehang Kunda (UMK) Waingapu hingga tadi siang Minggu (11/6/2017) masih nampak.

Ribuan Belalang kembara bertebaran meduduki landasan pacu bandara UMK dan bertebaran di angkasa nampak gelap diselimuti belalang kembara sehingga para petugas bandara sempat kewalahan untuk mengantisipasi belalang kumbara yang menduduki bandara UMK.

Kejadian tersebut para petugas bandarapun segera menangani belalang yang mengitari angkasa agar secepatnya hilang karna mengantisipasi penerbangan yang akan mendarat di bandara UMK Waingapu.

Pesawat NAM Air yang sempat mendarat di bandara UMK Waingapu pada pukul 15:20 Wita masih sempat mengitari diudara namun dapat mendarat dengan selamat hingga penumpang turun dan kembali terbang dengan selamat.

Kepala Bandara UMK Waingapu, Lamro P Sihombing ketika dikonfirmasi wartawan mengatakan, belalang yang sempat menyelimuti bandara dan angkasa karna bantuan angin namun belalangpun masih ada bertebaran di pepohanan dan sekitar wilayah Kelurahan Kambaniru dan Mauhau jika tidak cepat diantisipasi maka belalang kembara akan kembali menebar.

“Keadaan ini bisa mengganggu penerbangan saat pesawat mendarat dan terbang disebabkan kekuatiran akan mengganggu Engine pesawat nanti,” katanya.