Bupati Manggarai Geram, Pihak Terkait Diminta Tertibkan Bangunan Liar

Bagikan Artikel ini

Laporan Marten Don
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Makin menjamurnya bangunan-bangunan liar milik masyarakat yang tidak memiliki Ijin Mendirikan Bangunan (IMB), khususnya di seputaran Kota Ruteng ibu kota Kabupaten Manggarai, Kecamatan Langke Rembong belakangan ini ternyata menyita perhatian serius dari pemerintah daerah.

Belum lama ini, Bupati Manggarai, Dr.Deno Kamelus,SH,MH saat berkantor di kelurahan Carep, kecamatan Langke Rembong dalam sambutannya, meminta pihak terkait dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, Camat dan Lurah agar segera mengambil langkah tegas, menertibkan seluruh bangunan-bangunan liar tersebut.

Bangunan itu selain tidak memiliki IMB juga mengganggu fasilitas umum.

“Saya minta Camat dan Lurah segera tertibkan bangunan-bangunan liar itu, seperti bangunan yang dibangun dipinggir kali, di fasilitas umum tetapi tidak memiliki IMB,” pintahnya.

Semantara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Daerah, Marselinus Gambang, kepada NTTOnlinenow.com, Senin (5/5/2017) siang di Ruteng mengatakan secara konseptual sebetulnya itu tugas dari kelurahan dan kecamatan.

Ujung tombaknya di kelurahan terutama terkait bangunan kegiatan usaha.

Baca : Masyarakat Diminta Waspadah Terhadap Isu Pengambilan Sample Darah

Mestinya Lurah membuat peta terkait hal itu karena itu merupakan penyerobotan, kata Dia .

Dibeberapa titik seperti di Mbau Muku, Kali Wae Locak, Kali Wae Gogol dan disejumlah tempat lainnya yang belum terpantau baik, sebut Gambang.

“Kita sudah coba mengambil langkah menertibkan bangunan itu. Baik rumah pribadi maupun tempat usaha. Yang dinyatakan melanggar kita sikapi,” jelasnya.

Akan tetapi tindaklanjut mestinya di kelurahan.

“Saat kita sosialisasi kebersihan di tingkat RT dan kelurahan, salah satu yang kita omong adalah tentang itu. Kami sifatnya koordinarif sesuai amanat Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 27 tahun 2012 tentang Izin Lingkungan,” terang Marsel Gambang.