Pemdes Compang Cibal Minta Dukungan Pemkab Manggarai

Bagikan Artikel ini

Laporan Marten Don
Ruteng, NTTOnlinenow.com – Tahun 2017 ini Pemerintah Desa (Pemdes) Compang Cibal, Kecamatan Cibal Barat Kabupaten Manggarai berencana fokus pada beberapa item program pembangunan, diantaranya yaitu, pembukaan jalan tani dari Pang Kaca menuju Wae Nggolang, batas antara desa Compang Cibal bagian Timur dengan desa Gapong.

Hal itu disampaikan, Agustinus Saman, Kepala Desa Compang Cibal, Kecamatan Cibal Barat kepada NTTOnlinenow.com, Senin, 23 Januari 2017.

Alasan dibukanya jalan tani itu, lanjut Saman adalah untuk memudahkan akses transportasi masyarakat menuju lahan pencaharian mereka, sebab sebagian besar lahan mata pencaharian masyarakat berada wilayah itu dan juga untuk permukiman atau pemekaran dusun Keker Kaca kedepannya.

Disisi lainnya, wilayah itu termasuk salah satu wilayah potensial dengan sumber daya alamnya, seperti pasir dan batu.

Baca : 14 ASN Lingkup Pemkab Manggarai Akan Dipecat, 6 Lainnya Turun Pangkat

“Niat saya untuk buka jalan tani itu sudah lama, sejak terpilih menjadi Kades. Namun karena dananya tidak cukup sehingga belum terealisasikan.

Program lainnya adalah dibidang pemberdayaan kelompok tani melalui program hortikultura dan ternak babi.

“Hortikultura kita fokus tanaman sayur-sayuran, sedangkan ternak babi yaitu pengembangbiakan 100 ekor bibit babi. Kita akan bentuk kelompoknya biar mudah diorganisir atau dikontrol,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa hasilnya nanti akan dibagi, yaitu 80 persennya untuk kesejahteraan kelompok itu sendiri, sedangkan 20 persennya lainnya untuk desa dalam rangka Pendapatan Asli Desa (PAD), sekaligus menyambut rencana pemerintah terkait Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) nantinya.

Ia juga menyebutkan, total ADD (Alokasi Dana Desa) untuk desa Compang Cibal tahun anggaran 2017 ini sebesar Rp. 1,2 miliar.

Dirinya berharap agar Pemkab Manggarai dapat mendorong perencanaan pembangunan di desanya itu sehingga dapat terlaksana dengan baik nantinya.