HUT TNI ke-71, Kodim 1618/TTU Wujudkan Indonesia yang Berdaulat dan Berkepribadian

Bagikan Artikel ini

Laporan Judith Lorenzo Taolin
Kefamenanu, NTTOnlinenow.com – Upacara peringatan HUT TNI ke-71 di Makodim 1618 TTU, Rabu (05/10/2016) mengangkat tema “Bersama TNI rakyat kuat, hebat, profesional, siap wujudkan Indonesia yang berdaulat.

Bupati Timor Tengah Utara, Raymundus Sau Fernandes, S.Pt yang bertindak sebagai Irup dalam penyampaian amanat Panglima TNI mengatakan, meskipun upacara kali ini tidak dilaksanakan dengan meriah namun diharapkan tidak mengurangi makna dari peringatan HUT TNI itu sendiri.

“Pada peringatan HUT TNI ke-71 tahun 2016 kali ini memang tidak dilaksanakan secara terpusat dengan menampilkan upacara parade, defile dan demonstrasi atraktif para prajurit maupun alutsista TNI. Tapi upacara dilakukan secara sederhana di daerah masing – masing. Namun begitu, kegiatan yang dilaksanakan dengan sederhana ini diharapkan tidak mengurangi makna dan kemeriahan peringatan itu sendiri karena tiap – tiap satuan wilayah TNI melaksanakan upacara yang dipadukan dengan mengangkat kearifan lokal budaya”, demikian amanat Panglima TNI yang dibacakan bupati Fernandes.

Baca Juga : TNI Harus Dekat Dengan Rakyat, Bersama Rakyat TNI Kuat

Kegiatan – kegiatan yang mengangkat kearifan lokal budaya seperti membaca puisi, mencipta lagu,pementasan tarian daerah dan berbagai kegiatan sosial seperti bedah rumah veteran, operasi katarak dan pengobatan massal, merupakan wujud kepedulian TNI kepada rakyat.

Penyelenggaraan HUT TNI ini juga pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan khususnya pada tahun anggaran 2016.

Dalam upacara peringatan ini juga, dilaksanakan penganugerahkan tanda kehormatan RI diantara yang menjadi perwakilan yakni Satya Lencana Dharma Bantala, Satya Lencana Bintang Kartika Eka Paksi Nararya, Satya Lencana kesetiaan XXIV, XVI dan VII kepada perwakilan anggota oleh oleh Irup.

Baca Juga : Bank NTT Cabang Atambua Gandeng Kejari Belu Tangani kredit macet
Diikuti acara tambahan lainnya seperti pemotongan tumpeng oleh Kasdim 1618/TTU, Mayor Infanteri Ngakan Made Marjana didampingi ibu ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XIX Dim 1618 Koorcab Rem 161 PD IX/Udayana, Ny.Yudi Gumilar yang diserahkan kepada prajurit tertua Pelda Agus Moruk.

Pagelaran Drama Kolosal yang diperagakan siswa siswi SMA Negeri Kefamenanu I, turut memeriahkan acara peringatan HUT TNI ke-71 dengan tema, “Masyarakat dipimpin Raja Sonbay kabupaten TTU berjuang dan mempertahankan NKRI di Kefamenanu”.