FKM UPRI Adakan Pelatihan GIS Bagi Mahasiswa

Bagikan Artikel ini

Makasar, NTTOnlinenow.com – Puluhan mahasiswa dari berbagai Kampus Kesehatan di Makassar mengikuti pelatihan GIS (Geografic Information System) merupakan bagian dari kemajuan tehnologi. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Jurusan Epidemiologi FKM Universitas Pejuang RI (UPRI).

Kegiatan ini terlaksana berkat dukungan FKM UPRI dalam hal ini jurusan Epidemiologi bekerjasama dengan beberapa sponsor. Pelaksaan dalam rangka memperingati hari Statistik Sedunia dan sekaligus merupakan perwujudan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di aula FKM UPRI Makassar dari tanggal 27-28 September 2016. Fasilitator dalam kegiatan ini adalah mahasiswa Himpunan Epidemiologi (Himapid) FKM UPRI dan Pemateri Muliani Ratnaningsih, SKM., M.Kes.” Ungkap Muhammad Azwar, SKM., M.Kes selaku Ketua Jurusan Epidemiologi FKM UPRI.

Baca : Kader PKK & Posyandu Ujung Tombak Pembangunan Masyarakat

Menurut Muhammad Azwar salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bagi kalangan mahasiswa dalam melakukan pemetaan penyakit, perencanaan, interpretasi dan monitoring baik itu penyakit menular maupun penyakit tidak menular agar penanganannya lebih komprehensif tidak hanya dari segi kuratif tetapi juga promotiv dan preventif.

“Dalam Era Globalisasi ini kemajuan tehnologi sangat pesat. Untuk mendukung riset-riset kesehatan dipandang perlu menggunakan berbagai macam aplikasi salah satunya menggunakan GIS (Geografic Information System)” Tegas Muhammad Azwar yang juga merupakan Koordinator Program Rumah Rehabilitasi Narkoba Yayasan Mitra Husada (YMH) Sulsel. (Gafur)